Pentingnya Sahur Saat Berpuasa

sahurMengapa sahur itu penting? Sebuah studi dalam British Journal of Nutrition membuktikan bahwa sahur diperlukan saat berpuasa sebagai ganti sarapan yang berfungsi agar tubuh memiliki cadangan energi untuk sepanjang hari. Saat berpuasa tubuh tidak akan dimasuki nutrisi lain sehingga tubuh hanya memiliki cadangan makanan yang berasal dari sarapan tadi dalam konteks ini makanan sahur.

Dalam beraktivitas tentu saja akan mengeluarkan banyak energi, sehingga tubuh akan menggunakan cadangan energi yang berasal dari sahur tersebut untuk mengganti energi yang hilang.  Biasanya cadangan makanan yang berasal dari sahur akan bertahan selama 4-5 jam, untuk bertahan hingga waktu berbuka puasa tubuh akan memanfaatkan cadangan energi lain yaitu glikogen yang ada di sekitar otot dan hati.

Untuk anda yang terkadang malas untuk sahur karena alasan masih mengantuk atau tidak napsu makan maka sebaiknya anda segera merubah kebiasaan tersebut karena kebiasaan untuk tidak maka sahur akan membuat kondisi tubuh menjadi lemah saat berpuasa. Apalagi jika dilakukan secara terus menerus maka bisa saja anda akan jatuh sakit, karena tubuh dipaksa untuk melakukan puasa tanpa ada asupan nutrisi sedikit pun tentu saja tubuh tidak memiliki cadangan energi didalam tubuh yang akan digunakan untuk mengganti energi yang keluar saat beraktivitas.

Selain itu memperhatikan menu sahur juga merupakan hal yang sangat penting, seperti:

  1. Siapkanlah menu makanan yang bergizi tinggi jangan hanya sekedar asal kenyang. Makanan yang bergizi akan menyimpan cadangan lebih banyak didalam tubuh sehingga akan membuat tubuh lebih kuat.
  2. Makanan sahur sebaiknya mengandung cukup protein.
  3. Hindari makan sahur terlalu jauh dari jadwal imsak supaya cadangan makanan dapat bertahan lebih lama.
  4. Jangan biasakan segera tidur atau berbaring setelah sahur karena akan menggangu proses pencernaan makanan.
  5. Hindari makanan berlemak.
  6. Perbanyak makan buah dan sayuran.
  7. Sangat dianjurkan minum 3-4 gelas air putih saat bersahur.

 

 

Pentingnya Sahur Saat Berpuasa was last modified: July 9th, 2013 by

Gallery of Pentingnya Sahur Saat Berpuasa