Pentingnya Sarapan Pagi Bagi Prestasi Anak

sarapanpagi

 

Sarapan memiliki peranan penting terhadap peningkatan konsentrasi pada anak. Semakin tinggi tingkat konsentrasi seorang anak maka akan semakin tinggi pula prestasi yang akan dicapainya. Ini artinya sarapan memiliki andil besar terhadap prestasi seorang anak disekolah.

Namun tidak banyak orang tua yang mengetahui arti penting dari sarapan ini. Masih banyak orang tua yang menyepelekan arti penting dari sarapan. Mereka terkadang membiarkan anaknya berangkat kesekolah tanpa memberikan sarapan terlebih dahulu. Ntah karena mereka terlalu sibuk ataukah memang anaknya yang tidak ingin sarapan. Tapi seharusnya kebiasaan sarapan ini harus mulai diterapkan semenjak anak masih kecil agar mereka terbiasa melakukannya hingga dewasa.

Belajar dengan perut kosong akan sangat membuat anak merasa tidak nyaman. Mereka akan merasa kesulitan untuk fokus dan berkonsentrasi terhadap pelajaran yang sedang berlangsung. Selain kesulitan dalam berkonsentrasi selama pelajaran anak yang tidak biasa sarapan akan terlihat lebih lambat dalam menaggapi suatu hal, mereka juga memiliki perhatian yang rendah terhadap pelajaran. Selain itu, Anak-anak yang tidak terbiasa sarapan akan memiliki kemampuan dan daya pikir yang lebih rendah dibandingkan dengan anak yang selalu rutin melakukan sarapan disetiap paginya.

Fakta lain mengenai sarapan, sarapan dapat mengurangi resiko obesitas terhadap anak. Logikanya jika anak dibiarkan berangkat kesekolah dengan keadaan perut yang kosong maka mereka akan makan dengan porsi yang lebih banyak pada siang dan malam harinya. Selain itu mereka juga akan lebih banyak membeli makanan ringan seperti coklat, permen, snack dlll diluar jam makannya. Hal tersebutlah yang meningkatkan resiko obesitas terhadap anak. Dibanding memberikan anak uang jajan yang nantinya akan dibelikan makanan yang belum terjaga kebersihannya lebih baik jika memang tidak sempat melakukan sarapan, bekali anak dengan makanan yang dibuat dirumah. Selain kebersihannya yang terjamin kandungan gizinya pun bisa terpenuhi dengan baik.

Membiasakan kebiasaan sarapan kepada anak memang tidak mudah. Namun sebagai orang tua kita wajib untuk memulai menerapkan kebiasaan ini kepada anak sedini mungkin dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan nutrisi agar anak tetap dapat melakukan aktifitas sehari-harinya dengan penuh energi.

 

Pentingnya Sarapan Pagi Bagi Prestasi Anak was last modified: May 19th, 2013 by

Gallery of Pentingnya Sarapan Pagi Bagi Prestasi Anak