Penyebab Gigi Sensitif

gigi sensitifSebuah survey yang diadakan oleh Pepsodent yang bekerjasama dengan lembaga riset Synnovate dan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjajaran membuktikan bahwa 65% orang Indonesia memiliki masalah gigi sensitif. Terutama pada usia 25-39 tahun. Namun, 50% penderita gigi sensitif tidak melakukan apa-apa untuk mengatasi masalah gigi sensitif ini karena tidak mengetahui penyebabnya.

Gigi sensitif adalah perasaan dimana penderitanya mengalami perasaan ngilu yang singkat dan tajam pada gigi pada saat mengkonsumsi makanan atau minuman tertentu, seperti makanan/minuman yang terlalu panas atau terlalu dingin.

Terkadang rasa ngilu tersebut juga terjadi ketika berada disuatu tempat dengan cuaca dingin atau bisa juga ketika sedang menggosok gigi.Hanya saja kebanyakan penderita gigi sensitif tidak mengetahui penyebab dari gigi sensitifnya tersebut.

Rasa ngilu pada gigi sebenarnya disebabkan oleh hilangnya lapisan luar pelindung gigi sehingga dentin gigi terbuka. Akibatnya, ketika penderita mengkonsumsi makanan/minuman yang terlalu panas atau terlalu dingin maka akan langsung mengenai syaraf gigi yang kemudian menimbulkan rasa ngilu pada gigi.

Dentin gigi yang terbuka biasanya terjadi karena adanya penurunan gusi yang biasanya disebabkan oleh cara penyikatan gigi yang salah. Tekanan yang berlebihan pada saat menyikat gigi menyebabkan email terkikis dan jaringan dentin terbuka.

Selain itu, terbukanya dentin gigi juga bisa disebabkan oleh penyakit gusi. Penyakit gusi ini terjadi karena kurangnya menjaga kebersihan pada gigi dan mulut, sehingga timbulah plak. Penumpukan plak-plak diantara gigi dan gusiĀ  nantinya akan membentuk karang gigi yang merupakan tempat berkembangbiaknya bakteri penyebab penyakit gusi.

Penyebab lain dari gigi sensitif adalah seringnya mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung asam, atau kadar soda yang tinggi.

Penyebab Gigi Sensitif was last modified: July 22nd, 2013 by

Gallery of Penyebab Gigi Sensitif