Perbekalan Selama Mudik

bekal

Mendekati H-4 lebaran peningkatan arus kendaraan sudah mulai terlihat. Penumpukan kendaraan dibeberapa titik arus mudik semakin sering terjadi. Maka dari itu bagi para pemudik yang berencana melakukan mudik sudah harus menyiapkan diri untuk menghadapi potensi kemacetan yang tidak bisa dihindari.

Menghadapi kemacetan selama perjalanan ternyata cukup menguras tenaga loh, karenanya diperlukan makanan dan minuman yang bisa menunjang stamina fisik pemudik sebagai sumber energi dan nutrisi. Berikut ini beberapa asupan yang harus disiapkan selama perjalanan:

1. Sebaiknya bekal dibuat dirumah untuk menjaga kebersihan dan rasa dari makanan. Jika memang tidak sempat memasak masakan sendiri belilah makanan dirumah makan yang terjaga kebersihannya.

2.  Hindari membawa makanan-makanan yang mudah basi seperti makanan yang mengandung santan, telur, susu dan makanan dengan kadar air tinggi.
3.  Siapkan makanan-makanan kering dalam kemasan seperti roti dan biskuit. Jangan lupa perhatikan tanggal kadaluwarsanya.

4. Hindari mengkonsumsi makanan-makanan yang memiliki rasa yang tajam seperti makanan asam dan pedas karena dikhawatirkan menyebabkan perut mulas dan sering buang air. Tentu saja hal ini akan mengganggu perjalanan mudik anda.

5. Perbanyak mengkonsumsi buah dan sayur karena buah dan sayur memiliki kandungan serat vitamin dam mineral yang dapt meningkatkan daya tahan tubuh. Namun tetap harus diperhatikan untuk tidak mengkonsumsi buah yang memiliki rasa tajam seperti asam.

6. Jangan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kadar alcohol karena dapat membuat mabuk dan menimbulkan rasa ngantuk. Hal ini tentu saja akan membahayakan pemudik.

7. Pastikan untuk  mencuci tangan sebelum makan menggunakan sabun untuk mencegah infeksi virus dan bakteri agar pemudik tetap sehat saat mudik dan sepulangnya.

 

Perbekalan Selama Mudik was last modified: August 4th, 2013 by

Gallery of Perbekalan Selama Mudik