Perhatikan Penyebab Bangun Tengah Malam

bangun tidur

Anda pasti pernah tiba-tiba terbangun di tengah malam karena mimpi buruk atau keram, lalu kemudian kesulitan untuk memejamkan mata kembali. Dilansir dari Dailymail, bangun tengah malam ternyata bisa menjadi sebuah sinyal kesehatan juga loh.

Pakar kesehatan, Dr. Neil Stanley mengatakan jika bangun tengah malam bisa jadi merupakan salah satu cara tubuh untuk menjelaskan apa yang sedang terjadi padanya. Berikut ini beberapa alasan yang melatar belakangi mengapa bangun malam:

1.      Kram Kaki

Saat sedang tidur tak jarang anda terbangun tiba-tiba karena merasakan kram pada kaki. Hal ini bisa menandakan tubuh anda sedang bereaksi terhadap obat-obatan tertentu yang sedang anda konsumsi. Kram biasanya terjadi akibat peradaran darah yang kurang lancar akibat tingginya kadar gula dalam darah atau lemak dalam tubuh.

2.      Susah Bernafas

Anda terbangun tengah malam karena sesak nafas? Bisa jadi ini menandakan kondisi jantung yang sedang tidak stabil atau merupakan gejala penyakit asma.

3.      Bingung

Ketika anda tiba-tiba terbangun dan merasa bingung atau linglung, bisa jadi anda sedang mengalami sleep apnea. Sleep apnea adalah suatu kondisi dimana seseorang belum terbangun sepenuhnya. Biasanya hal ini terjadi karena faktor kelebihan berat badan, merokok dan terlalu banyak minum.

4.      Sakit Kepala

Terbangun karena sakit kepala biasanya terjadi akibat efek dari obat-obatan tertentu. Selain itu gejala ini juga bisa juga karena tubuh mengalami kelelahan, rokok dan minuman beralkohol.

5.      Sakit Pinggang

Sakit pinggang ketika bangun tidur bisa jadi pengaruh dari tempat dan posisi tidur anda. Bisa juga karena salah bantal. Maka dari itu disarankan untuk  mengganti tempat tidur setiap 8-10 tahun sekali.

6.      Batuk

Bangun karena terbatuk  terjadi karena asam pada perut naik ke kerongkonan. Biasanya terjadi karena kelebihan lemak pada bagian perut.

 

Perhatikan Penyebab Bangun Tengah Malam was last modified: August 3rd, 2013 by

Gallery of Perhatikan Penyebab Bangun Tengah Malam