Perlu Mengatur Manajemen Waktu? Coba Cara Ini

Sangat sering saya menemukan satu masalah yang membayangi banyak pekerja dan pelaku usaha, yakni masalah manajemen waktu. Waktu kerja selalu tetap sayangnya pekerjaan seolah semakin banyak tanpa bisa Anda tawar. Melelahkan bukan?

perlu mengatur manajemen waktu coba cara ini

Itulah kenapa Anda perlu mengatur manajemen waktu. Karena ketika manajemen waktu sudah Anda kuasai, waktu yang terbatas ini bukan lagi kendala untuk merampungkan semua tugas Anda sesuai target. Lalu langkah praktis apa untuk mengatur manajemen waktu dengan efektif?

  1. Buat rencana kerja
    Buatlah daftar pekerjaan Anda, baik yang rutin maupun yang incidental. Ketika Anda mengabaikan bagian ini, bisa jadi Anda melewatkan satu tugas penting Anda. Selain itu dengan membuat to do list ini, Anda sekaligus bisa menentukan target dari tiap pekerjaan dan waktu yang Anda butuhkan  untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan ini. Dari sinilah awalnya Anda bisa mengatur waktu yang tersedia untuk merampungkan seluruh pekerjaan. Jangan buat perencanaan yang kaku, karena justru akan membuat tekanan berlebihan pada diri Anda.
  2. Tentukan skala prioritas
    tentukan tingkat kesulitan dan tingkat kepentingan dari masing-masing tugas yang harus Anda selesaikan untuk menentukan mana yang menjadi prioritas Anda. Kemudian kenali ritme kerja Anda, kenali pada waktu kapan Anda memiliki energy lebih dengan kinerja terbaik. Gunakan waktu terbaik Anda ini untuk mengerjakan tugas utama dengan prioritas tertinggi.
  3. Buat rutinitas
    Ada pekerjaa yang harus Anda kerjakan setiap harinya. Lakukan pekerjaan ini secara terjadwal dengan rutin setiap harinya. Rutinitas ini akan membuat Anda semakin hari semakin lihai mengerjakannya, pada sisi lain tubuh Anda termasuk tangan dan tentu saja otak akan beradaptasi dengan rutinitas ini, sehingga akhirnya memudahkan Anda dalam menyelesaikan pekerjaan. Rutinkan pula waktu istirahat bagi diri Anda sehingga pada akhirnya akan menadi kebiasaan.
  4. Jangan multitasking
    beberapa orang memang memiliki kelebihan untuk multitasking, tapi bila Anda tidak terlatih dengan hal ini sebaiknya hindari saja. Kadangkala multitasking justru akan membuat Anda kehilangan fokus dan berakhir kekacauan. Bilapun Anda merasa mampu multitasking gunakan untuk pekerjaan yang tidak beresiko dengan tingkat kesulitan rendah. Anda bisa melatih kemampuan multitasking Anda bila merasa perlu pada waktu senggang Anda, jangan belaar di saat pekerjaan Anda sedang deadline semua.
  5. Jangan abaikan mencatat
    Catat setiap pekerjaan yang harus Anda kerjakan pada waktu lain, kemampuan mengingat seseorang terbatas dan tanpa catatan wajar saja Anda lupa. Melupakan sebuah pekerjaan bisa jadi berakibat fatal bagi Anda dan karier Anda.
Perlu Mengatur Manajemen Waktu? Coba Cara Ini was last modified: September 14th, 2013 by

Gallery of Perlu Mengatur Manajemen Waktu? Coba Cara Ini