Permintaan Maaf SBY Kepada Malaysia dan Singapura Menimbulkan Pro dan Kontra

asapBeberapa waktu belakangan ini Malaysia dan Singapura sedang dilanda bencana asap yang berasal dari kebakaran hutan di Kepulauan Riau Indonesia. Kondisi udara yang semakin memburuk ini mengakibatkan aktivitas warga Malaysia dan Singapura jadi terhambat. Sehingga kedua Negara tetangga tersebut menuntut tindakan tanggap secepatnya untuk menangani becana yang satu ini.

Tuntutan tersebut disambut sebuah permintaan maaf oleh SBY selaku Presiden Republik Indonesia. Namaun, permintaan maaf SBY kepada warga Malaysia dan Singapura mengenai kabut asap kiriman yang berasal dari kebakaran hutan dikepulauan Riau menimbulkan pro dan kontra bagi sebagian orang. Sebagian beranggapan bahwa permintaan maaf yang dilakukan SBY selaku Kepala Negara Republik Indonesia adalah sebuah sikap pengecut dan sebagian lagi memberi dukungan atas keputusan yang diambil oleh beliau dengan berbagai alasan yang beragam. Permintaan maaf tersebut untuk sebagian orang dianggap merendahkan harga diri bangsa Indonesia.

Jika dilihat dari sudut kontra Sebenarnya wajar saja jika ada beberapa pihak yang menyayangkan tindakan permintaan maaf tersebut sebab setiap perkataan yang keluar dari mulut seorang presiden dianggap mewakili seluruh bangsanya. Permintaan maaf ini mengesankan kondisi Indonesia yang lemah dan hanya bisa menerima saja. Padahal ada dugaan yang mengatakan bahwa pihak Malaysia juga memiliki andil terhadap terjadinya kebakaran hutan tersebut. masyaraka

Berbagai komentar dan tanggapan buruk mengenai permintaan maaf SBY ini mulai santer terdengar di berbagai media cetak, media sosial dll, sehingga akhirnya SBY angkat bicara menanggapi berbagai komentar buruk mengenai keputusan yang diambilnya.

Dilansir dari Tribunnews.com “Kenapa Presiden harus sampaikan permintaan maaf? Kan (bencana asap) ini bukan kesengajaan,” ujar SBY saat konferensi pers di Base Ops TNI Angkatan Udara Lanud Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur, Rabu (26/6/2013).

Permintaan maaf ini bukanlah berarti Indonesia melakukan sebuah kesalahan fatal kepada kedua negara tersebut. Hanya saja kebakaran hutan tersebut terjadi akibat faktor ketidak sengajaan. Sehingga beliau menyampaikan permintamaafan itu dengan tujuan untuk tetap menjaga hubungan baik dengan kedua negara yang bersangkutan.

Permintaan Maaf SBY Kepada Malaysia dan Singapura Menimbulkan Pro dan Kontra was last modified: June 29th, 2013 by

Gallery of Permintaan Maaf SBY Kepada Malaysia dan Singapura Menimbulkan Pro dan Kontra