winner gelumbang
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Remaja » Pernikahan Beda Usia

Pernikahan Beda Usia

(801 Views) July 18, 2013 3:02 pm | Published by | No comment

beda usiaCinta terkadang memang tak mengenal usia. Saat ini pun cukup banyak pasangan yang menikah dengan usia yang terpaut cukup jauh. Namun, psikolog Ine Andriyani Aditya, menyatakan bahwa sebaiknya pernikahan dengan pasangan beda usia, apalagi jika salah satu pihak masih remaja, tidak dilakukan. Pasalnya, usia remaja merupakan masa peralihan menuju dewasa sehingga secara psikologis mereka masih belum stabil.

Belum lagi jika memiliki anak, maka mereka akan menanggung tanggung jawab yang lebih besar. Padahal, pada usia remaja, seorang anak cenderung masih labil dan ini terkesan memaksakan seorang anak untuk menjadi dewasa sebelum waktunya.

“Remaja yang menikah seperti memaksa mereka untuk dewasa sebelum waktunya. Apalagi bila nantinya memiliki anak, tanggung jawabnya lebih besar,” kata psikolog dari lembaga psikologi SATU Consulting ini.

Fase remaja merupakan masa-masa mencari identitas diri. Biasanya hal ini dilakukan dengan membandingkan diri dengan teman lainnya. Lalu bagaimana jika pada saat usia remaja mereka sudah menikah? Maka kemungkinan besar mereka seperti tidak memiliki teman dan kesulitan untuk menemukan jati dirinya.

“Akibatnya remaja kesulitan mencari pembanding dan berisiko tidak menemukan jati dirinya. Anak yang tidak punya jati diri akan mudah diombang-ambingkan situasi sekitar. Kondisi ini tentu tidak sehat untuk perkembangan remaja yang masa depannya masih panjang,” paparnya.

Belum lagi jika ternyata muncul perbedaan visi setelah menikah. Sesuai dengan usianya, seorang remaja masih cenderung ingin bersenang-senang dan bermain.

“Beda sekali dengan orang dewasa yang mungkin ingin lebih tenang, menata masa depan, atau dalam kasus ini mulai memikirkan masa tua. Kasihan sekali kalau remaja harus menghadapi ketidakseimbangan ini,” kata Ine.

Sebenarnya pernikahan beda usia memang sudah dilakukan sejak zaman dahulu. Namun kondisi remaja zaman dahulu dan sekarang sudah berbeda.

“Kondisi dulu dan sekarang berbeda. Remaja saat ini memiliki tuntutan, impian, dan harapan yang sangat banyak,” lanjut Ine.

Karena itu, Ine menyarankan remaja tidak menikah dulu, kecuali dengan pertimbangan matang orangtua dan dirinya.

 


Kata kunci mesin pencari:

pernikahan beda usia (23), pernikahan beda usia jauh (15), Nikah beda usia (1), 

Categorised in:

No comment for Pernikahan Beda Usia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>