Persiapan Menyambut Bulan Ramadhan

ramadhanMarhaban Ya Ramadhan, Tidak terasa bulan suci Ramadhan sudah berada di depan mata hanya tinggal menghitung hari. Tentu saja diberikan kesempatan untuk bertemu dengan bulan yang penuh berkah ini merupakan sebuah anugerah yang dilampahkan Allah SWT dan patut untuk disyukuri. Bagaimana tidak? Masih banyak orang-orang diluar sana yang ditakdirkan tidak sempat bertemu dengan bulan yang penuh ampunan ini.

Seperti layaknya kedatangan seorang tamu agung sudah pasti kita harus menyambutnya dengan perasaan senang dan gembira. Seperti sabda Rasullullah SAW “Barangsiapa yang senang dengan datangnya bulan Ramadhan (karena iman dan Allah), maka diharamkan jasadnya masuk ke dalam api neraka”. Hanya dengan menyambut kehadirannya dengan senang dan gembira saja kita akan dijauhkan dari api neraka maka akan lebih baik kita mempersiapkan kehadiran bulan Ramadhan ini dengan sebaik-baiknya agar kita ikut merasakan keberkahan didalamnya.

Lalu apa saja yang harus dipersiapkan untuk menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan ialah sebagai berikut:

Memiliki presepsi yang benar Mengenai bulan Ramadhan

Rasulullah bersabda, “Hai manusia, telah datang kepada kalian bulan yang sangat agung, penuh dengan barakah, di dalamnya ada malam yang lebih baik dari seribu bulan, bulan dimana Allah SWT telah menjadikan puasa di dalamnya sebagai puasa wajib, qiyam al-lailnya sunnah. Barangsiapa yang pada bulan itu mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan amalan wajib tujuh puluh kali pada bulan lainnya.” (HR. Ibnu Huzaimah)

Hadis tersebut akan memotivasi seseorang untuk berlomba-lomba melakukan kebaikan di bulan Ramadhan. Selain Puasa, shalat lima waktu, sholat sunnah, beramala shaleh, mengkaji Al Quran serta segala kebaikan yang dilakukan pada bulan ini akan memberikan pahala berkali-kali lipat dibandingkan pada bulan-bulan lainnya.

Pembekalan diri mengenai pengetahuan bulan Ramadhan

Pembekalan diri mengenai bulan Ramadhan juga mutlak dibutuhkan agar ibadah puasa yang kita lakukan selama bulan Ramadhan menjadi berkah, jangan sampai kita tidak mendapatkan apa-apa kecuali lapar dan haus saja.

Memperbanyak bacaan mengenai bulan ramadhan dengan segala keistimewaannya, serta mencari tahu hal-hal apa yang sebaiknya dilakukan dan yang tidak dilakukan selama bulan ramadhan. Bacaan-bacaan tersebut akan menambah pengetahuan serta informasi yang akan menumbuhkan semangat dalam melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan nantinya.

Melakukan persiapan fisik dan mental

Persiapkan diri kita untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan baik dari segi fisik maupun mental. Persiapan fisik yang bisa dilakukan salah satunya adalah dengan melakukan puasa pada bulan syaban. Sehingga tubuh kita tidak kaget menghadapi puasa Ramadhan yang berlangsung selama sebulan penuh. Tanpa persiapan fisik bisa jadi tubuh kita akan mengalami beberapa respon negatif seperti lemas, lesu, tidak bersemangat, dan sering mengeluh. Untuk persiapan mental sebaiknya mulai dipersiapkan sikap positif dalam menyambut bulan Ramadhan dengan segala keyakinan bahwa bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah sehingga kita tidak melewatkan kesempatan untuk melakukan kebaikan sebanyak-banyaknya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Persiapan Menyambut Bulan Ramadhan was last modified: July 3rd, 2013 by

Gallery of Persiapan Menyambut Bulan Ramadhan