Pesan Menkes Untuk Para Pemudik

Pemudik

Nafisah Mboi selaku Menteri Kesehatan meminta para pemudik untuk berkendara dengan tertib selama di perjalanan. Selain itu dihimbau pula kepada para pemudik supaya menyempatkan diri untuk beristirahat jika mulai merasa lelah, jangan memaksakan diri untuk terus berkendara karena bisa berakibat fatal.

Selain itu pemudik juga diharapkan untuk selalu berhati-hati selama diperjalanan. Menempuh perjalanan yang cukup jauh serta harus menghadapi kemacetan selama di jalan bukanlah sesuatu yang mudah. Hal ini bisa membuat pemudik merasa kelelahan sehingga risiko terjadi kecelakaan semakin tinggi.

“Masyarakat harus sadar, mudik bukan untuk mati atau cacat seumur hidup. lebih baik tiba terlambat tetapi selamat daripada datang cepat tapi dalam kondisi sakit,” katanya ketika melepas rombongan mudik dari Kementrian Kesehatan, Jumat (2/8), di Jakarta.

Maka dari itu istirahat menjadi sangat penting saat melakukan perjalanan mudik. Istirahat akan mengembalikan stamina serta konsentrasi pengendara setelah lelah mengemudik berjam-jam. Istirahat sejenak bisa menghindari pemudik dari risiko kecelakaan.

Di sepanjang arus mudik telah disediakan 3.200 pos kesehatan oleh Menkes, maka dari itu sebaiknya fasilitas tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para pemudik. Selain itu para supir angkutan juga diharuskan melakukan tes kesehatan.

“Ada beberapa supir yang baru tahu kalau dirinya hipertensi atau diabetes setelah menjalani pemeriksaan. Beberapa supir juga ketahuan menggunakan napza. Bahaya sekali jika mereka masih mengoperasikan kendaraan saat mudik,” kata Nafsiah.

Bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor disarankan untuk menggunakan helm sesuai Standar Nasional Indonesia. Selain itu hindari membawa muatanĀ  berlebih karena dapat mengganggu kestabilan motor yang bisa mengakibatkan kecelakaan. Juga tidak disarankan untuk memaksakan diri membawa anak-anak jika berencana mudik menggunakan sepeda motor.

Agar terhindar dari virus dan bakteri selama di perjalanan Mentri Kesehatan juga mengingatkan kepada pemudik mengenai arti pentingnya menjaga kesehatan selama diperjalanan. Ingatlah untuk selalu berhati-hati dan mengutamakan kesehatan.

 

 

Pesan Menkes Untuk Para Pemudik was last modified: August 4th, 2013 by

Gallery of Pesan Menkes Untuk Para Pemudik