Pesona Kota Jogja

jogjaJogja merupakan salah satu kota wisata di Indonesia yang sampai saat ini masih sangat diminati oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara. Keindahan kota jogja masih menjadi magnet tersendiri bagi siapapun yang pernah menjejakan kaki disana. Daya tarik yang memancing siapapun untuk kembali datang walau hanya untuk sekedar menikmati kopi di angkringan pinggir jalan sambil mendengarkan permainan musik para pemusik jalanan atau sekedar menikmati suasana malam di Malioboro.

Kota Jogja juga terkenal sebagai lokasi wisata yang murah meriah. Berbagai jenis tempat singgah seperti hotel, motel, losmen, homestay disediakan dengan harga terjangakau yang sangat ramah untuk kantong para backpacker. Belum lagi tiket masuk untuk berbagai lokasi wisata yang juga sangat murah. Bisa dibilang Jogja merupakan lokasi yang sangat cocok bagi para penikmat wisata alam maupun budaya yang ingin menikmati sajian maksimal dengan biaya minimal.

Kota jogja terkenal dengan sebutan kota budaya karena memang tradisi budaya jawa masih sangat kental dan masih sangat dipegang teguh oleh masyarakatnya. Adanya Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat merupakan bukti budaya yang masih dipertahankan hingga sekarang.  Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat atau biasa disebut Kesultanan Yogyakarta dipimpin oleh seorang sultan dengan sebutan Sultan Hamengkubuwono. Inilah yang membedakan jogja dengan provinsi lain di Indonesia. Kesultanan Yogyakarta juga masih menjunjung tinggi budaya jawa dengan rutin mengadakan berbagai tradisi adat jawa seperti upacara adat dan festival budaya Yogyakarta.

Selain disebut sebagai kota budaya ternyata jogja juga masih memiliki pesona alam yang sangat memukau. Berbagai lokasi wisata alam sekaligus lokasi wisata budaya tersebar hampir diseluruh wilayah jogja. Wisata budaya yang paling menonjol di jogja adalah Kraton Yogyakarta, Candi Prambanan, Imogiri, Alun-alun utara dan selatan jogja. Selain itu jogja juga masih memiliki pesonanya yang lain. Keindahan alam yang tertata apik juga menjadi objek yang paling menantang untuk dijelajahi misalnya gunung merapi dan merbabu, Kaliurang, Pantai Parangtritis, Pantai Indrayanti, Pantai Kukub, Pantai Barong, Pandai Sundak, dll.

Begitu banyak pesona yang dimiliki kota jogja memang membuat siapapun betah untuk berlama-lama tinggal di sana. Keelokan alam, kekhasan budaya dan keramahan masyarakatnya menjadi poin plus yang menambah pesona kota jogja. Oleh karena itu dibutuhkan kerja sama pemerintah beserta masyarakat untuk dapat melestarikan budaya serta menjaga keasrian lingkungan agar keindahan kota jogja tidak tergerus oleh zaman.

Pesona Kota Jogja was last modified: May 22nd, 2013 by

Gallery of Pesona Kota Jogja