Pesona Negeri di atas Awan Dieng Plateau

negeridiataswanIndonesia telah diakui memiliki begitu banyak potensi wisata alam yang dapat menembus pasar wisata dunia. Selain Bali dan Lombok ternyata masih banyak lagi objek wisata di Indonesia yang sangat diminati oleh para wisatawan asing. Kali ini gelumbang.com akan berbagi keindahan salah satu objek wisata milik Indonesia yang sangat wajib untuk dikunjungi.

Dieng Plateau atau dataran tinggi dieng merupakan sebuah dataran tinggi tertinggi dipulau jawa dengan ketinggian kira-kira 2000mdpl. Lokasi  dataran tinggi dieng sebenarnya berada diantara kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo. Secara etimologi Dieng merupakan gabungan dari dua kata yaitu “di” dan”hyang”. “Di” memiliki arti gunung dan “hyang” adalah dewa jadi jika ditarik kesimpulan maka kata dieng ini berarti sebuah gunung tempat dimana para dewa bersemayam.

Entah itu hanya perumpamaan atau memang benar adanya namun jika sudah pernah menginjakan kaki di dataran tinggi dieng maka siapapun orangnya pasti akan beranggapan bahwa perumpamaan tersebut memang sangat tepat. Letaknya yang cukup tinggi, tenang, dan damai merupakan tempat yang sangat cocok digunakan sebagai tempat para dewa bersemayam. Posisinya yang cukup tinggi membuat seolah-olah benar-benar berada sangat dekat dengan awan, maka tidak salah jika dataran tinggi dieng disebut sebagai negeri diatas awan.

Jalur menuju dataran tinggi dieng yang paling sering dilalui adalah melalui kabupaten wonosobo. Selain, kondisi jalan yang cukup baik, mata para pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat menakjubkan. Jalan berkelok-kelok serta deretan pegunungan yang tampak tak berujung akan memukau mata siapapun yang melihatnya. Bagi para penyuka fotografi pasti tidak akan melewatkan momen untuk mengabadikan gambar ditempat ini.

Sesampainya di dataran tinggi dieng pengunjung pasti segera merapatkan jaket masing-masing karena suhu udara di sana memang cukup dingin. Pada siang hari suhu udara berkisar 15o C – 20o C dan 10oC pada malam hari, sedangkan pada musim kemarau suhu udara mencapai 0o C. Maka jika ingin berkunjung ke dataran tinggi dieng persiapkanlah pakaian hangat secukupnya.

Ada banyak lokasi wisata yang terdapat di kawasan wisata dataran tinggi dieng. Misalnya, kawasan candi arjuna dan bima, kawah singkidang, kawah sileri, kawah candradimuka, telaga warna, telaga pengilon, dieng plateau theater, sumur jalatunda dan masih banyak lagi.

Golden sunrise merupakan salah satu objek perburuan para penikmat fotografi. Momen golden sunrise akan sangat sayang untuk dilewatkan karena memiliki keindahan yang akan menyilaukan mata.

 

Pesona Negeri di atas Awan Dieng Plateau was last modified: May 15th, 2013 by

Gallery of Pesona Negeri di atas Awan Dieng Plateau