PM Malaysia Berkunjung Ke Istana, Apa yang Mereka Bahas?

PM Malaysia Berkunjung Ke Istana, Apa yang Mereka Bahas?Pada hari ini, Kamis (19/12) Presiden Susilo Bambang Yudhoyono diagendakan untuk mendapatkan kunjungan kenegaraan dari Perdana Menteri Malaysia Dato Sri Mohd Najib Tun Abdul Razak dengan Ibu Negara Datin Sri Romah Mansor, yaitu pada pukul 10.00 WIB.  Dan kemudian pada pukul 11.55 WIB akan berlangsung Konferensi Pers Presiden SBY bersaam PM Malaysia.

Teuku Faizasyah yang merupakan Staff Khusus Presiden Bidang Luar Negeri memberikan keterangan bahwa kunjungan PM Malaysia ini adalah dalam rangka kunjungan kerja untuk menghadiri acara Konsultasi Tahunan ke -10 atau Annual Consultation.

Ia juga menambahkan bahwa pertemuan dua pemerintahan ini akan membahas berbagai macam isu yang merupakan perhatian dari kedua negara, seperti isu perbatasan, perlindungan WNI, kerja sama hukum serta kekonsuleran, kerja sama pertahanan, kerja sama investasi dan juga ekonomi.

Agenda Konsultasi Tahunan ini adalah forum yang tertinggi yang ada di dalam mekanisme kerja sama bilateral Indonesia dengan Malaysia. Melalui sistem ini, kedua negara bisa membahas berbagai macam perkemabangan kerja sama bilateral yang sudah mereka bangun di berbagai bidang.

Selain itu, forum pertemuan ini berfungsi untuk memberikan arahan yang strategis untuk semua pejabat di dalam pemerintahan kedua negara. Selain itu juga, pertemuan yang intensif ini diharapkan bisa menjadi jalan untuk mempererat hubungan bilateral antar negara yang sudah berlangsung cukup lama.

Bisa dibilang bahwa hubungan bilateral yang sudah terjalin antara Indonesia dengan Malaysia adalah hubungan yang solid. Hal ini dikarenakan pada tahun 2008-2012 nilai perdagangan cenderung mengalami peningkatan rata-rata sekitar 14,92%. Sedangkan total perdagangan tahun 2012 sekitar mendekati 23,5 milyar dollar Amerika, atau bisa disimpulkan ada kenaikan sejumlah 2,12 juta dollar Amerika dari tahun 2011.

“Di bidang investasi, pengusaha Malaysia menunjukkan peningkatan minat untuk berinvestasi di Indonesia, terutama di sektor perbankan, hotel dan restoran, kosmetik dan kesehatan, perkebunan, pertambangan, manufaktur dan telekomunikasi,” ungkap Faizasyah di Jakarta, Rabu (18/12/2013).

Selain itu juga tercatat bahwa total investasi Malaysia di Indonesia yang berdasarkan pada data yang diperoleh dari BKPM hampir mendekati 529,6 juta dolar AS yang berjumlah 237 proyek di tahun 2012. Sementara itu pada kuartal ketiga di tahun 2013 ini sebesar 518,9 juta dollar AS yang berjumlah 424 proyek.

PM Malaysia Berkunjung Ke Istana, Apa yang Mereka Bahas? was last modified: December 28th, 2016 by

Gallery of PM Malaysia Berkunjung Ke Istana, Apa yang Mereka Bahas?