Porsi Tidur Mempengaruhi Tumbuh Kembang Anak

anakKebanyakan orang tua beranggapan kecukupan asupan gizi anak merupakan hal terpenting dalam tumbuh kembang anak. Padahal, selain asupan gizi ternyata porsi tidur yang cukup juga tidak kalah berpengaruh terhadap perkembangannya.

Namun kenyataannya masih banyak kita temui orang tua yang tidak menyadari hal tersebut. Beberapa orang tua tidak menyadari bahwa kurangnya porsi tidur anak akan mempengaruhi aktifitas dan kerja otak serta tubuh mereka.

Biasanya anak mendapatkan porsi tidur kurang karena padatnya kegiatan harian yang mereka lakukan seperti sekolah, les, kegiatan ekstrakurikuler, dan bermain, sehingga tanpa sadar jadwal tidur anak menjadi mundur atau tertunda. Dampaknya, porsi tidur anak menjadi berkurang.

Selain itu, masih banyak orangtua yang tidak terlalu mempedulikan jika anaknya tidur larut malam. Padahal, kurangnya tidur pada anak isa menimbulkan beberapa masalah seperti yang dilansir children.webmd.com dibawah ini:

  1. Selain dapat menyebabkan proses berpikir anak menjadi lamban ternyata juga bisa menimbulkan masalah dalamĀ  kegiatan sehari-hari.
  2. Setiap jam tidur yang dilewatkan oleh anak bisa menyebabkan penurunan IQ sebanyak satu digit keesokan harinya.
  3. Kurangnya porsi tidur bagi anak penderita ADHD akan sangat mempengaruhi dan bisa berdampak buru terhadap proses sosialisi anak dengan lingkungan.
  4. Kurangnya tidur pada anak tidak hanya mengganggu perkembangan fisik dan otaknya saja, kontrol emosi pun menjadi tidak stabil. Anak yang kurang tidur cenderung lebih mudah marah, pemurung dan tidak bersemangat.
Porsi Tidur Mempengaruhi Tumbuh Kembang Anak was last modified: July 16th, 2013 by

Gallery of Porsi Tidur Mempengaruhi Tumbuh Kembang Anak