Presiden SBY, Hadiri 40th ASEAN-Japan Commemorative Summit di Tokyo

Presiden SBY, Hadiri 40th ASEAN-Japan Commemorative Summit di TokyoPresiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta Ibu Ani Yudhoyono pada hari Kamis (12/12), berangkat mengahdiri 40-th ASEAN–Japan Commemorative Summit, yang berlokasi di Tokyo, Jepang yang akan berlangusung di akir pekan ini.

Sebelum berangkat ke Tokyo, ketika berada di Bandara Halim Perdana Kusuma beliau mengatakan, “Dalam pertemuan puncak yang akan dilakukan di Tokyo lusa. kami ingin memperkokoh dan memperluas kerja sama di berbagai bidang,”. Selain itu, di dalam agenda pertemuan peringatan 40 tahun kerja sama ASEAN Jepang itu juga akan membahas salah satunya adalah persiapan untuk pembentukan masyarakata ASEAN di tahun 2015 mendatang.

Keterangan tambahan disampaikan oleh Teuku Faizasyah, sebagai Staf Khusus Presiden yang menangani bidang Hubungan Internasional. Ia mengatakan bahwa peringatan 40 tahun kerja sama ASEAN Jepang ini adalah sebuah momentum bagi indonesia dan juga Jepang untuk mencoba menetapkan visi dan misi bersama dalam bentuk sebuah kerja sama dalam jangka panjang, dengan berbekal pengalaman dari keduanya selama ini dalam hal menjalin hubungan-hubungan kemitraan yang bersifat strategis.

Faizasyah menuturkan, bahwa dengan pengalaman yang sudah pernah dijalin oleh kedua negara ini dalam hal-hal yang bersifat startegis, tentunya kerja sama Indonesia dan Jepang ini akan memberikan lebih banyak manfaat dari semakin menguatnya tali persahabatan antara Indonesia dan Jepang.

Kabarnya selain agenda menghadiri pertemuan peringatan itu, Presiden SBY juga akan bertemu dengan Perdana Menteri Shinzo Abe dan juga Kaisar Jepang. Pertemuan yang dilakukan antara Presiden Yudhoyono dangan Perdana Menteri Shinzo Abe ini adalah pertemuan yang keempat. Hal ini menjadi sebuah penanda bahwa selain ada kedekatan personal, ada juga sebuah komitmen bersama untuk memajukan kerja sama bilateral yang sudah dijalin kedua negara ini di berbagai bidang.

Di dalam agenda pertemuannya, kedua pemimpin ini berbicara terkait dengan perkembangan hubungan dan juga kerja sama kedua negara. Apalagi tahun 2013 adalah tahun yang menandakan peringatan 55 tahun sudah Jepang dan Indonesia menjalin hubungan kerja sama bilateral.

Beberapa hal yang akan menjadi pembahasan dalam agenda pertemuan adalah, antara lain, peningkatan kerja sama dalam hal perdagangan, infrastruktur, ketenagakerjaan, dan investasi. Selain itu, di dalam pertemuan kedua pemimpin ini akan dibahas pula berbagai macam isu strategis yang berada di wilayah yang menjadi bagian dari kepentingan bersama kedua negara.

Agenda lain Presiden Yudhoyono di Tokyo adalah memberikan kuliah umum terkait dengan “Regional Security Architecture” berlokasi di Kensei Kinen Kaikan. Acara ini diadakan oleh Japan Institute of International Affairs (JIIA), Japan-Indonesia Parliamentary League, Kementerian Luar Negeri Jepang dan KBRI Tokyo.

Presiden Yudhoyono juga diagendakan untuk mengadakan sebuah pertemuan bersama kalangan entrepenuer Jepang yang merupakan bagian dari Japan-Indonesia Association

Presiden SBY, Hadiri 40th ASEAN-Japan Commemorative Summit di Tokyo was last modified: December 28th, 2016 by

Gallery of Presiden SBY, Hadiri 40th ASEAN-Japan Commemorative Summit di Tokyo