Puasa Bagi Orang Lanjut Usia

lansiaSebenarnya orang berusia lanjut tetap bisa berpuasa asalkan memang dalam kondisi yang sehat. Karena faktanya, puasa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan seseorang, seperti meningkatkan kekebalan tubuh dan memperbaiki tekanan darah.

Namun, disarankan kepada lansia yang berencana untuk tetap berpuasa agar memeriksakan diri ke dokter sebelum mulai berpuasa untuk memastikan kondisi tubuhnya. Namun bagi lansia yang memiliki penyakit akut, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi memang sebaiknya tidak memaksakan diri untuk berpuasa.

“Boleh saja berpuasa jika penyakitnya terkontrol, kalau pun perlu minum obat tertentu waktunya bisa digeser saat sahur dan berbuka,” kata dr.Purwita Sari, Sp.PD- konsultan geriatri.

Selain itu, kebutuhan kalori juga harus sangat diperhatikan. Usahakan untuk memenuhi kebutuhan kalori seperti saat tidak berpuasa. Batasi makanan-makanan yang digoreng dan mengandung lemak tinggi.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus dilakukan agar lansia dapat berpuasa dengan sehat:
Konsumsi cairan

Saat berpuasa sangat memungkinkan terjadinya dehidrasi terutama pada lansia. Untuk itu, kebutuhan cairan harus terpenuhi, sedikitnya para lansia harus mengkonsumsi minimal 8-10 gelas cairan perhari. Tidak disarankan untuk mengkonsumsi teh dan kopi serta jus yang mengandung gula tambahan.
Asupan gizi seimbang

Perhatikan asupan gizinya, konsumsi gizi harus seimbang dan kebutuhan nutrisi harus terpenuhi. Batasi makanan yang mengandung gula karena lebih cepat dicerna. Metabolisme dan fungsi tubuh lansia yang cenderung sudah menurun membuat mereka tak lagi merasa lapar, untuk itu harus selalu mengingatkan mereka untuk tetap makan dan minum pada saat sahur dan berbuka.
Perbanyak serat

Mengkonsumsi buah dan sayur saat sahur dan berbuka. Selain itu pada saat sahur perbanyak konsumsi karbohidrat komplek seperti roti gandum dan beras merah karena dapat menunda rasa lapar.

 

Olahraga

Untuk menjaga kebugaran olah raga ringan seperti berjalan kaki dianjurkan jika memang dalam kondisinya memungkinkan. Yang paling penting adalah jika sudah merasa tidak kuat jangan ragu untuk segera mengakhirinya.

Puasa Bagi Orang Lanjut Usia was last modified: July 18th, 2013 by

Gallery of Puasa Bagi Orang Lanjut Usia