Puasa Lebih Berenergi Dengan mengkonsumsi Buah Saat Sahur

buahanPemilihan menu sahur yang tepat dapat menjadi kekuatan dasar seseorang untuk menjalankan ibadah puasa dengan lancar. Untuk itu menu makanan yang disajikan untuk makanan sahur sebaiknya menu yang mencukupi kebutuhan tubuh mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, dan juga serat.

Namun karena kendala waktu, kebanyakan orang-orang memilih untuk membuat menu makanan yang simple dan tidak ribet tanpa memperhatikan kecukupan gizinya. Seperti yang disampaikan Chef Yeni Ismayani kepada Kompas Female beberapa waktu lalu.

“Enggan memasak yang ribet ini membuat orang jadi lebih suka masak yang instan tanpa berpikir tentang kecukupan gizinya,” jelasnya

Yeni juga menambahkan bahwa kecukupan serat biasanya hanya dipenuhi lewat sayur-sayuran saja.

“Serat yang ada dalam sayur hanya berjumlah sedikit, jadi sebaiknya ditambahkan dengan serat dari buah-buahan,” ujarnya.

Namun kebanyakan orang menghindari konsumsi buah-buahan pada saat sahur karena mengkhawatirkan rasa asam yang dikandung buah akan membuat perut sakit sehingga mereka lebih memilih untuk mengkonsumsi buah-buahan pada saat berbuka saja.

Sebaliknya, Perempuan lulusan Ilmu Tata Boga, Universitas Negeri Jakarta ini justru menyarankan untuk mengkonsumsi buah saat sahur karena buah memiliki kandungan serat dan vitamin yang tinggi sehingga akan membantu memenuhi kebutuhan serat harian. Selain itu, buah juga akan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Lebih dari itu, kandungan serat pada buah juga akan membuat tubuh lebih berenergi saat beraktivitas sehingga tidak akan cepat lemas selama berpuasa.

“Biasanya, saya menyajikan buah potong, jus, atau smoothies buah segar kepada keluarga ketika mendekati waktu Imsak. Ini trik yang bisa dilakukan agar perut kenyang lebih lama,” tutupnya.

 

Puasa Lebih Berenergi Dengan mengkonsumsi Buah Saat Sahur was last modified: July 13th, 2013 by

Gallery of Puasa Lebih Berenergi Dengan mengkonsumsi Buah Saat Sahur