Ramadhan Saat Yang Tepat Untuk Menghentikan Kebiasaan Merokok

merokokBulan Ramadhan merupakan saat yang tepat untuk melatih seseorang untuk menghentikan kebiasaan merokoknya. Karena saat berpuasa mereka dituntut harus menahan keinginannya untuk merokok dimulai sejak sahur hingga saat adzan magrib berkumandang.

Secara khusus, kementrian kesehatan ( Kemenkes ) memberikan pesan-pesan untuk memotivasi serta mengimbau para perokok untuk memanfaatkan bulan Ramadhan ini sebagai momentum awal untuk menghentikan kebiasaan merokok. Diharapkan dengan adanya bulan Ramadhan ini para perokok dapat berlatih untuk menghentikan kebiasaan merokoknya tidak hanya pada bulan ramadhan saja tapi juga untuk seterusnya.

“Para perokok yang berpuasa akan berhenti merokok sejak sahur sampai berbuka puasa. Kementerian Kesehatan menganjurkan kepada masyarakat luas agar memanfaatkan momentun bulan suci Ramadan tahun ini untuk berhenti merokok sepenuhnya,” Pesan Direktur Jendral Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kemenkes, Prof Dr Tjandra Yoga Aditama dalam emailnya Sabtu (13/7/2013).

Selain itu Prof Tjandra juga menyampaikan 7 pesan khusus yang ditujukan kepada para perokok sebagai motivasi untuk menghentikan kebiasaan merokoknya sebagai berikut:

1. Asap rokok mengandung 4.000 jenis senyawa kimia, 400 jenis di antaranya merupakan zat beracun dan 43 diantaranya dapat menyebabkan kanker.

2. Asap rokok menimbulkan gangguan pada orang lain. Tentu pada saat beribadah puasa maka seseorang tidak sepatutnya menimbulkan gangguan pada orang lain.

3. Selama bulan suci ramadhan anda sudah berhenti merokok dari mulai sahur sampai berbuka, lanjutkan untuk tidak merokok sampai pada sahur berikutnya.

4. Tanamkan niat yang kuat di bulan suci ini untuk berhenti merokok dan juga menolak godaan untuk mulai merokok.

5. Lakukan sesuatu yang menyehatkan jiwa raga misalnya berolahraga, berkebun, melukis , minum air secara perlahan dan menarik nafas dalam untuk mencegah keinginan untuk merokok.

6. Perilaku berhenti merokok agar dilanjutkan pada hari-hari selanjutnya setelah bulan Ramadan.

7. Berhenti merokok di bulan Ramadan akan memberi manfaat bagi kesehatan dan kehidupan serta lingkungan kita.

Ramadhan Saat Yang Tepat Untuk Menghentikan Kebiasaan Merokok was last modified: July 13th, 2013 by

Gallery of Ramadhan Saat Yang Tepat Untuk Menghentikan Kebiasaan Merokok