Rasa Kantuk Berlebihan Saat Puasa

ngantukRasa kantuk berlebih seringkali kali datang saat sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan.  Namun, setelah menghabiskan waktu cukup lama untuk tidur, tubuh bukannya menjadi segar malah terasa semakin lemas. Kok bisa?

Menurut Andreas Prasadja, RPSGT, ahli kesehatan tidur dari RS Mitra Kemayoran, mengatakan bahwa saat berpuasa khususnya di bulan Ramadhan, waktu tidur berkurang tidak seperti biasanya karena aktivitas sahur setiap malam menjelang pagi.

Jadi, sangatlah wajar jika tubuh beradaptasi dengan cara mengantuk lebih sering dan tubuh menjadi lemas.

Normalnya, dalam sehari sianjurkan untuk menghabiskan waktu untuk tidur sebanyak 7-8jam. Sedangkan pada saat berpuasa di bulan ramadhan, waktu tidur menjadi sedikit berkurang. Kemudian tubuh akan berusaha memenuhi kebutuhan tidurnya, itulah sebabnya pada siang hari orang akan mengalami ngantuk berlebihan saat puasa.

Rasa kantuk berlebihan akan membuat seseorang menjadi kebanyakan tidur, akhirnya tubuh menjadi lemas.  Untuk itu, lakukanlah aktivitas seperti biasa, namun berikan waktu sekitar 15 menit disela-sela waktu istirahat untuk mengembalikan waktu tidur.

“Misalnya siang hari dia ngantuk terus tidur sampai sore tanpa ada aktivitas lain, maka akan memberi efek yang tak baik juga. Intinya, ini terjadi karena utang tidurnya masih banyak dan masih butuh tidur lagi,” ungkap dr Ade.

Sebenarnya tidur saat puasa sangat penting untuk menjaga metabolisme tubuh agar tetap lancar. Kurangnya waktu tidur saat berpuasa akan membuat nafsu makan seseorang menjadi meningkat dan berpengaruh hingga saat buka puasa. Untuk itu, cukupilah waktu tidur anda dengan tidak berlebihan, sehingga nafsu makan juga bisa terkontrol.

 

Rasa Kantuk Berlebihan Saat Puasa was last modified: July 23rd, 2013 by

Gallery of Rasa Kantuk Berlebihan Saat Puasa