Reaksi Tepat Ketika Rapor Anak Merah

Hari ini anak Anda bagi rapor dan dengan sangat mencengangkan tiba-tiba Anda melihat angka merah di lembar rapor Anak Anda. Kaget…pastinya, tapi kemudian yang pasti muncul dibenak Anda, bagaimana menyikapinya dengan bijak? Bolehkah Anda marah?

reaksi tepat ketika rapor anak merah

Bila Anda hanya kaget sih tidak mengapa, tapi biasanya Anda juga merasa kecewa dan malu dengan kegagalan anak.Jadi tidak heran bila pada saat tersebut Anda sendiri menjadi cukup emosi sehingga kadang Anda akan menyesali langkah Anda.

Padahal nilai merah bukan akhir segalanya, banyak dari orang sukses yang tidak memiliki prestasi membanggakan di sekolah mereka, malah kadang mereka juga memiliki banyak catatan hitam yang cukup pahit dikenang. Jadi bila Anda piker lebih jauh haruskah Anda marah besar?

Lalu reaksi bijak apa yang sebaiknya Anda lakukan? Anda bisa coba beberapa hal berikut ini.

  1. Alihkan anak dari nilai buruknya
    gagal selalu menjadi sebuah kekecewaan bagi siapa saja, termasuk anak Anda. Jadi berikan dia ruang untuk meringankan rasa kecewanya. Dia juga sadar kalau orang tuanya kecewa, jadi tanpa Anda menghukumnya mereka sebenarnya sudah terhukum secara moril.Jangan jauhi mereka, meski sebenarnya Anda sedang kesal, karena sikap dingin Anda membuat mereka semakin terpojok.
  2. Bantu dia bangkit kembali
    Jangan berikan mereka hukuman kecuali ini adalah kesalahan mereka yang terus berulang. Justru bantu mereka untuk bangkit, berikan mereka keyakinan bahwa ini hanya sebuah kesalahan dan semua kesalahan selalu masih bisa diperbaiki.
  3. Lakukan evaluasi dan komitmen ulang
    Ajak anak bicara dari hati ke hati, buka pandangan mereka apa yang menyebabkan mereka gagal. Buka pula diri Anda bila mereka menyampaikan kritik atau pendapat mereka. Temukan solusi terbaik dari problem nilai merah ini dan lakukan komitmen ulang antara anak dan orang tua. Terkadang orang tua juga berperan dalam kegagalan anak.
  4. Libatkan guru untuk berperan dalam komitmen
    Bila anak Anda mulai masuk kembali cobalah untuk berkomunikasi dengan guru mereka, ciptakan komunikasi dua arah untuk menemukan solusi serta sama-sama mengambil peran dalam pengawasan.
Reaksi Tepat Ketika Rapor Anak Merah was last modified: October 3rd, 2013 by

Gallery of Reaksi Tepat Ketika Rapor Anak Merah