Review Buku “Berjuta Rasanya”

berjuta rasanya

Judul                     : Berjuta Rasanya
Penulis                 : Tere Liye
Penerbit              : Penerbit Mahaka
Tahun                   : 2012
Tebal                     : 205 halaman

 

Berjuta Rasanya merupakan sebuah kumpulan cerita pendek yang ditelurkan oleh salah satu penulis laris Indonesia, Siapa lagi kalau bukan Tere Liye. Penulis inspiratif ini tak pernah lupa menyelipkan pesan-pesan moral dan pelajaran kehidupan disetiap karya buatannya.

Buku ini mengusung tema cinta didalamnya. Segala hal tentang cinta. Haru biru dalam cinta. Dari judulnya saja kita sudah bisa menangkap maksud dari berjuta rasanya. Ya, cinta memang memiliki rasa yang beraneka, tidak hanya senang dan bahagia namun juga sedih dan deritanya.

Sebenarnya secara pribadi buku ini terasa kurang “nendang” dibanding karya-karya sebelumnya, mungkin karena isi dari cerpen-cerpen didalamnya terlalu ringkas. Namun semua termaafkan dengan penyampaian cerita yang bisa membuat pembaca terkekeh sekaligus merenung ketika membacanya. Tere liye selalu berhasil mengambil tema yang sebenarnya biasa saja tapi jika sudah melalui tangannya maka cerita-cerita yang biasa itu akan berubah menjadi luar biasa.

Didalamnya berisi 15 judul cerita pendek yang masing-masing memiliki cerita berbeda namun dengan tema yang tetap sama, Cinta. Berikut ini judul-judul cerpen yang ada di dalam “Berjuta Rasanya”:

  1. Bila Semua Wanita Cantik
  2. Hiks, Kupikir Kau Naksir Aku
  3. Cinta Zooplankton
  4. Cintanometer
  5. Harga Sebuah Pertemuan
  6. Kotak-kotak Kehidupan Andrei
  7. Mimpi-mimpi Laila-Majnun
  8. Kutukan Kecantikan Miss X
  9. LOVE Ver 7.0 & MARRIED Ver 9.0
  10. Kupu-kupu Monarch
  11. Joni dan Doni
  12. Kutukan Kecantikan Miss X – 2
  13. Lily dan Tiga Pria Itu
  14. Pandangan Pertama Zalaiva
  15. Antara Kau dan Aku

 

 “Seseorang yang mencintaimu karena fisik, maka suatu hari ia juga ajan pergi karena alasan fisik tersebut. Seseorang yang menyukaimu karena materi,  maka suatu hari juga ia akan pergi karena materi. Tetapi seseorang yang mencintaimu karena hati, maka ia tidak akan pernah pergi! Karena hati tidak pernah mengajarkan tentang ukuran relatif lebih baik atau lebih buruk.” (Tere Liye, Berjuta Rasanya, 26)

 

 

 

Review Buku “Berjuta Rasanya” was last modified: July 11th, 2013 by

Gallery of Review Buku “Berjuta Rasanya”