Review Buku: Celoteh Perempuan

re_buku_picture_86094

Judul                      : Celoteh Perempuan

Penulis                  : Angly, Anita Dewayani, Asita dkk

Jumlah Halaman: 200 hlm

Tahun Terbit          : 2012

Penerbit                 : Gramedia Pustaka Utama

Harga                     : Rp 45.000,-

Walaupun judulnya ini berbau feminisme bukan berarti buku ini hanya cocok dibaca untuk kaum perempuan saja tetapi buku ini bagus untuk dibaca oleh soapa saja. Buku kumpulan cerpen ini memang ditulis oleh sekumpulan wanita dan isinya memang wanita banget.

Di dalam buku ini, ada 16 cerita pendek. Semua kisah di sini menceritakan segala hal yang ada di dalam kehidupan wanita. Semuanya menceritakan tentang wanita. Kisah-kisah di dalam buku ini bisa dibilang sangat kompleks.

Cover buku ini menggambarkan lima orang wanita cantik yang mengelilingi meja makan. Walaupun mereka bersama, semuanya asyik dengan aktivitasnya masing-masing. Pose yang diambil juga sangat eye-catching sehingga jelas memperlihatkan bahwa ‘ini lho kita punya keinginan sendiri-sendiri’.

Kumpulan cerpen dalam buku ini adalah hasil writing course yang diselenggarakan oleh majalah MORE. Sasarannya adalah calon penulis wanita, kaya imajinasi, dan berusia mtang. Peserta dilatih menulis selama empat minggu dan hasilnya sungguh menakjubkan. Hasilnya dalam dan kadang menyetuh, terutama saat cerita tersebut menggambarkan penderitaan wanita.

Salah satu kisah menarik dalam buku ini adalah ‘Pulang’. Kisah ini menceritakan kerinduan seorang anak pada ibunya yang telah tiada. Ia bisa terpuaskan pada sosok ibu yang mempunyai usaha yang sama dengan ibunya, memasak, dalam sebuah perjalanan pulang dari ziarah ke makam ibunya. Walaupun perjumpaannya hanya sekilas, ini nampak seperti takdir untuk tokoh utama dalam cerita.

Selain itu, ada pula kisah yang berjudul ‘Jadha’. Saat membaca cerita ini, para kaum perempuan pasti akan mengelus dada karena kisah ini menceritakan perempuan yang teraniaya secara mental dan fisik. Di akhir cerita tersebut juga dijelaskan bahwa latar belakang kisah ini adalah sebuah tradisi yang sampai sekarang masih dilakukan di pedalaman India.

Buku Celoteh Wanita memang penuh dengan kisah yang dalam. Untuk sebuah buku dari kumpulan penulis pemula, buku ini tidak hanya sekedar cerpen biasa karena di tiap celotehnya ada pengalaman dan perasaan yang dibuka oleh penulisnya.

Review Buku: Celoteh Perempuan was last modified: June 13th, 2013 by

Gallery of Review Buku: Celoteh Perempuan