Review Buku ‘Gading – Gading Ganesha’

gading2 ganesha

Judul: Gading – Gading Ganesha (3G)

Penulis: Dermawan Wibisono

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Tahun Terbit: April 2013

Jumlah Halaman: 336 hlm

Novel yang berjudul Gading – Gading Ganesha atau disebut 3G ini menceritakan tentang perjalanan hidup enam orang yang memiliki latar belakang etnis berbeda – beda yaitu Slamet dari Trenggalek, Poltak dari Siantar, Fuad dari Surabaya, Ria dari Padang, Gun Gun dari Ciamis, dan Benny dari Jakarta. Keenam orag ini dipersatukan ketika mereka masuk ke Institut Teknologi Bandung (ITB)

Selama mengenyam pendidikan dan bersosialisasi dengan orang lain di ITB, banyak hal – hal lucu yang dialami oleh para tokoh dan berbagai pelatihan fisik serta mental yang harus dijalani oleh mereka. Aktivitas akademis, politik dan seni menciptakan lulusan yang tadinya culun menjadi lebih percaya diri dan teruji.

Pada suatu ketika, semua berhasil mencapai harapan yang diinginkan sesuai dengan kadar usaha mereka masing – masing, setelah bertarung mati – matian dalam berbagai perjuangan. Sebagian ada yang tidak punya uang untuk makan, gagal dalam percintaan, drop out, gagal jadi pengusaha, dan berbagai rintangan lainnya.

Kemudian, beberapa tahun kemudian keenam orang ini bertemu kembali. Mereka menyadari bahwa sudah terlalu banyak nikmat yang diserap, melewati titik nol ketika masuk ke ITB. Banyak waktu yang ternyata terbuang sia – sia dan tidak banyak karya nyata yang bisa diberikan pada masyarakat dan bangsa.

Oleh karena itu, muncul sebuah kesadaran untuk membangun negeri dengan mempelopori jaringan alumni dan juga orang – orang yang memiliki paham yang sama dari berbagai universitas dalam rangka menciptakan karya yang nyata dan menanggalkan primordialisme baju alumni. Mereka memiliki satu tekad yakni “Kelas Menengah Adalah Agen Perubahan’. Perubahan pada kepemimpian tokoh – tokoh dunia seperti Barack Obama, Ahmaddinejaj. Dan Che Guevara sangat menginspirasi. Apalagi, hidup tidak bisa diulang kembali.

Kisah enam anak muda dalam cerita ini sangat menarik dan penuh warna. Dengan membaca novel ini, kita lebih tahu bagaimana rasanya menjadi seorang mahasiswa yang harus hidup sambil menjalani kuliah

Review Buku ‘Gading – Gading Ganesha’ was last modified: May 21st, 2013 by

Gallery of Review Buku ‘Gading – Gading Ganesha’