Review Buku: Galaksi Kinanthi

image description

Review Buku Galaksi Kinanthi

Judul: Galaksi Kinanthi: Sekali Mencintai Sudah itu Mati

Pengarang: Tasaro G.K.

Jumlah Halaman: 432 hlm

Penerbit: Salamadani

Judul ini sangat menarik perhatiaan dan benar – benar mencerminkan isi buku ini secara keseluruhan. Mungkin Anda aka bertanya – tanya, mencintai satu kali saja kemudian mati, apakah bisa? Jawabannya tentu saja bisa. Orang memang mungkin bisa saja mengalami jatuh cinta berkali – kali. Namun hal ini sepertinya tidak berlaku dengan Ajuj dan Kinanti.

Sesuai dengan judulnya, tokoh utama dalam buku ini bernama Kinanthi. Kinanti yang sudah bergelar profesor ini dalam usia mudanya telah berhasil menyelesaikan pendidikan S3 dan menjadi profesor. Ia kini tinggal di Amerika. Wanita muda ini ternyata memiliki jalan yang panjang dan berliku untuk dilewati sehingga dia bisa seperti sekarang ini.

Kinanti bekerja sebagai dosen di salah satu universitas di Amerika. Selain menjadi dosen, ia juga menjadi seorang penulis best seller mengenai banyak hal. Tetapi kali ini Kinanti mulai menulis novel yang menceritakan tentang kisah hidupnya. Disinal alur mundur terjadi dimana Kinanti menceritakan dirinya mulai dari ia masih kecil.

Kinanthi dulunya berasal dari desa. Walaupun anak desa, tetapi ia memiliki kecerdasan yang luar biasa. Walaupun hidup miskin dan keluarganya seringkali menjadi bahan hinaan para tetangganya, Kinanthi selalu meraih juara umum di sekolah. Hanya Ajuj satu – satunya orang yang mau berteman dan mendengarkan ceritanya.

Berbeda dengan Kinanthi, Ajuj adalah anak dari keluarga yang terpandang. Hal ini menyebabkan keluarganya tidak suka jika Ajuj berteman dengan Kinathi. Sampai akhirnya Kinanthi pun pergi ke Bandung sehingga Kinanthi dan Ajuj tidak bertemu lagi.

Di Bandung, Kinanthi ternyata dipersiapkan untuk jadi seorang tenaga kerja wanita (TKW) ke Arab. Karena perlakuan buruk majikannya, ia kemudian pindah ke Kuwait. Disana ia juga mendapatkan perlakuan yang sama sehingga ia ikut majikan barunya ke Amerika. Ternyata, majikan baru ini juga jauh lebih buruk dibandingkan sebelumnya. Kisah dalam buku ini memang disajikan secara feedback karena dalam cerita ini Kinanthi akhirnya menjadi wanita yang sukses dimana ia juga masih ingin bertemu dengan Ajuj, teman kecilnya dulu. Lalu, apakah keduanya akan bertemu? Hal inilah yang menjadi bagian menarik dari buku ini.

Review Buku: Galaksi Kinanthi was last modified: May 18th, 2013 by

Gallery of Review Buku: Galaksi Kinanthi