Review Buku “Generasi 90an”

generasi-90an

Judul                     : Generasi 90an

Pengarang          : Marchella FP

Jumlah Halaman: 144 hlm

Tahun Terbit      : Januari 2013

Penerbit              : Pop Publishers

“Kebahagiaan itu sederhana, nostalgia salah satunya, dan ini mesin waktunya”

Hal inilah yang sebenarnya ingin ditekankan dari buku yang bercover hitam dengan polkadot pink ini. Buku ini akan membawa Anda mengingat kembali kenangan-kenangan di era 90-an yang merupakan masa peralihan dari gaya hidup tradisional yang beralih ke serba digital.

Di dalam buku ini, Anda akan bernostalgia karena Anda akan diperlihatkan dengan ilustrasi musik, film, permainan, dandanan, bacaan, dan makanan yang populer di era 90an. Oleh sebab itu, buku ini memang wajib untuk dibaca para generasi 90an dan siapa saja yang berjiwa muda.

Buku ini sebagian besar memang didominasi oleh kartun dan ilustrasi. Setiap gambar atau ilustrasi di dalam buku ini diberi keterangan dengan bahasa modern khas saat ini dan sedikit kontekstual sehingga mungkin saja hanya generasi 90an yang mengetahui arti dan tujuan dari gambar itu,

Generasi 90an yang dimaksud oleh penulis merujuk pada mereka yang tumbuh di era tahun 90an, terutama meerka yang masih duduk di bangku sekolah mulai dari SD, SMP, hingga SMA. Maka, buku ini bisa jadi rujukan untuk mereka yang lahir pada tahun 1980an/

Seperti sebuah mesin waktu, buku ini sudah menggiring pembacanya untuk bernostalgia sejak dari halaman pertama. Ada beberapa gambar mainan sebagai penanda misalnya biji karet, yoyo, inline skate, mainan memancing ikan, bongkar pasang Sailormoon, boneka troll, dan tiup balon. Semua mainan tersebut menuntut kreativitas yang membuat tubuh jadi aktif bergerak. Sangat berbeda dengan mainan sekarang yang sudah serba digital.

Buku Generasi 90-an ini terdiri dari lima sub tema yaitu tontonan, musik, barang/gaya, bacaan, dan juga mainan. Tema pertama berhubungan dengan film atau tontonan yang ngetren di era 90-an. Saat itu, stasiun TV baru ada lima yakni SCTV, RCTI, Indosiar, dan Anteve yang diperlihat di dalam buku ini dengan logi mereka yang masih sangat jadul.

Hari Minggu menjadi hari maraton kartun. Saat itu, ada lima top kartun yaitu Dragon Ball, Doraemon, Remi, Sailormoon, dan Saint Seiya. Selebihnya, Anda bisa membaca sendiri buku ini. Dijamin, Anda yang termasuk generasi 90-an pasti akan tersenyum-senyum sendiri saat membaca buku ini.

Review Buku “Generasi 90an” was last modified: June 13th, 2013 by

Gallery of Review Buku “Generasi 90an”