Review Buku: “Menjadi Guru Inspiratif”

menjadi guru inspiratif

Judul: Menjadi Guru Inspiratif

Penulis: A. Fuadi, dkk

Tahun Terbit: 2012

Penerbit : Bentang

Jumlah Halaman : 186 halaman

Banyak orang yang mengatakan bahwa guru merupakan singkatan dari dua kata dalam Bahas Jawa yakni ‘digugu’ dan ‘ditiru’. Ada pula kalimat lain yang mengatakan, without teacher, we are nothing. Sosok guru memang tidak pernah jauh dari hidup kita. Sejak awal pertumbuhan, kita biasanya mulai kenal dengan guru TK karena sudah mulai masuk ke Taman Kanak – Kanak. Kemudian, kita juga bertemu dengan Guru Sekolah Dasar (SD), dan seterusnya. Segala hal yang kita lakukan saat ini tentu tidak terlepas dari ajaran guru kita saat masih sekolah dulu.

Penulis novel best seller berjudul Negeri Lima Menara, Ahmad Fuadi mengangkat tema tentang guru untuk Man Jadda Wajada series kedua. Dalam seri kedua ini, Ahmad Fuadi mengenang para ustadz yang pernah ia temui, terutama Kiai di pondok pesantren yang telah memberikan banyak ilmu bagi si penulis. Karena pendidikan yang ia peroleh selama di pesantren tersebut, ia bisa menjadi seperti saat ini. Oleh karena itulah penulis memilih tema guru.

Penulis dalam bukunya mengatakan bahwa guru adalah petani peradaban karena guru menyiapkan lahan dan bahan untuk belajar di kelas, memelihara bibit – bibit penerus bangsa, menyirami para muridnya dengan ilmu pengetahuan, dan memupuk jiwa murid – muridnya dengan karakter luhur. Jika tiba pada saat kelulusan, guru akan berbagai saat muridnya meninggalkan sekolah, tumbuh, dan bisa bermanfaat untuk orang lain. Pada halaman 1 – 2, penulis menuliskan bahwa guru yang ikhlas tak lain adalah petani yang mencetak peradaban.

Dalam buku ini mengupas tentang pendidikan. Penulis menjelaskan bahwa pendidikan ibarat rumput yang mengakar kuat di dalam tanah dan berusaha keras untuk menahan semua serbuan angin. Guru jelas – jelas tidak hanya sekadar menjadi pengajar, tetapi juga menjadi perantara sumber peradaban. Di tangan guru lah, keajaiban ilmu pengetahuan dapat berkembang dan melekat seperti pupuk di benak pada peserta didiknya.

Kisah – kisah yang ada di dalam buku ini merupakan bukti nyata bahwa pendidikan ternyata tidak hanya sebatas pada ilmu dan teriakkan di dalam kelas. Namun, pendidikan juga merupakan janji dan bakti yang diberikan oleh seorang guru yang mencoba berusaha membawa perubahan.

Review Buku: “Menjadi Guru Inspiratif” was last modified: May 15th, 2013 by

Gallery of Review Buku: “Menjadi Guru Inspiratif”