Review Buku: Putri Langit

putri langit

Judul: Putri Langit: Kisah Nyata Satu –Satunya Wanita yang Menjadi Kaisar

Penulis: Nigel Cawthone

Jumlah Halaman:  379

Penerbit: Serambi

Tahun Terbit: Januari 2013

Dua hal utama yang dibahas dalam buku ini adalah kekuasaan dan intrik. Intrik digunakan oleh tokoh utama untuk mendapat kekuasaan. Dalam buku ini juga diungkapkan secara gamblang bahwa para wnaita di sekitar kaisar wajib memahami ilmu tentang seni bercinta karena Yin mereka merupakan asupan untuk kesehatan jiwa dan umur panjang kaisar. Dalam cerita tersbeut, banyak istri, selir, dan bahkan permaisuri kaisar yang memanfaatkan keahlian tersebut untuk mendapatkan kekuasaan di kerajaan, termasuk Wu Chao, tokoh utama dalam buku ini.

Wu Choa sebenarnya merupakan catatan kelam dalam sepanjang sejarah kekaisaran China dimana ia menjadi satu – satunya Putri Langit. Konon, masyarakat China mempercayai bahwa kaisar merupakan Putra Langit yang menjadi perantara manusia dan langit. Mereka disebut sebagai Putra Langit karena kaisar biasanya adalah pria. Untuk Wu Chao yang seorang wanita, maka ia disebut Putri Langit.

Wu Chao berhasil masuk ke istana menjadi seorang selir saat berusia 13 tahun yang membuat keluarganya mendapat kehormatan besar. Wu Chao terpilih menjadi selir karena atas rekomendasi dari salah satu sepupunya yang menjadi selir kesayangan kaisar dan keluarga Wu Chao juga merupakan keluarga terhormat. Setelah masuk ke istana, dalam waktu singkat, Wu Chao berhasil menjadi selir kesayangan kaisar.

Tidak lama kemudian, sang kaisar mangkat sehingga ia dan para selir yang lain harus hidup di biara dan menggunduli rambutnya. Namun hal ini tidak berlangsung lama karena Wu Chao menjadi selir bagi Kaisar Kao tsung, anak kaisar terdahulu. Wu Chao berusaha sekeras mungkin agar dapat menjadi permaisuri dengan menghalalkan berbagai cara.

Pada tahun 600, Permaisuri Wu Chao akhirnya mengambil alih kepemimpinan kerajaan dan membuktikan diri bahwa ia adalah administrator handal. Tetapi, dalam ajaran Kong Hu Cu, wanita tidak boleh memerintah.

Untuk menjamin kekuasaannya, Wu Chao membuat divisi polisi rahasia yang bermarkas di Li Ching-me. Siapapu yang masuk ke dalam wilayah ini dipastikan tidak akan selamat. Dalam sejarah China, memang ada permaisuri yang bisa meraih kekuasaan sebesar Wu Chao. Namun mereka selalu mendapatkannya karena ada campur tangan dari keluarga sedangkan Wu Cho memperolehnya karena hasil usahanya sendiri.

Review Buku: Putri Langit was last modified: May 18th, 2013 by

Gallery of Review Buku: Putri Langit