Review Buku Tahta Mahameru

tahta mahameru

 

Judul Buku      : Tahta Mahameru

Penulis            : Azzura Dayana

Penerbit          : Republika

Tahun Terbit   : 2012

Kategori          : Novel

Tebal               : 380 halaman

 

 

Sebuah buku yang terlahir dari tangan seorang Azzura Dayana, akrab disapa mbak yana ini merupakan sebuah buku bertema sebuah perjalanan yang akan menyingkap takdir hidup seorang manusia. Dalam bukunya Yana cukup banyak mengusung latar di sekitar Gunung Semeru, Gunung tertinggi di pulau Jawa . Penulis yang menyukai travelling ini berhasil mendeskripsikan keindahan, kemagisan, serta keajaiban gunung semeru beserta objek-objek didalamnya secara detil melalui kata-kata yang ringan namun sanggup membuat pembaca ikut merasakan keindahan alam Gunung Semeru.

 

Mari kita simak sejenak deskripsi singkat yang ada didalam buku mengenai keindahan matahari terbit di Rau Kumbolo. “Matahari muncul di tengah-tengah lembah antara dua bukit yang mengitari Ranu Kumbolo. Cahayanya keperakan, perlahan-lahan naik ke langit dan menimpa air danau sehingga membuatnya terlihat berkilauan. (hlm 354).

 

Berkaitan dengan deskripsi yang disajikan dalam buku ini, sudah pasti akan membuat para pembaca yang biasanya tidak tertarik dengan gunung akan menjadi penasaran apakah keindahannya seindah yang digambarkan? Yang paling unik dalam buku ini adalah penulis membuat penokohan yang berbeda dari pennulis yang lain, penokohan dalam buku ini dibuat silih berganti ditiap babnya sehingga mampu memaparkan perasaan yang dirasakan oleh masing-masing karakternya.

 

Berawal dari tokoh Raja Ikhsan yang ‘melarikan diri’ ke gunung untuk melepaskan kemelut keluarga yang selama ini menghantui kehidupnya. Seorang pria yang membenci segala hal dan selalu bersikap sinis kepada siapapun. Sifatnya ini disebabkan oleh trauma masa kecil sekaligus akibat dari peristiwa-peristiwa menyedihkan yang harus dilaluinya sepanjang hidupnya. Di dalam upayanya ‘melarikan diri’ ini Ikhsan bertemu dengan gadis polos, baik hati namun cerdas bernama Faras di sebuah desa di kaki gunung Semeru, Ranu Pane.

 

Dimulailah persahabatan unik diantara mereka. Komunikasi yang dilakukan sekali-sekali melalui pesan elektronik membuat hubungan mereka terjalin sedikit lebih dekat. Hingga akhirnya tiba-tiba Ikhsan menghilang dan tidak memberikan kabar apapun kepada Faras membuat Faras khawatir dan memutuskan untuk mencari keberadaan Ikhsan dengan melacak melalui foto-foto yang diberikan Ikhsan melalui pesan elektronik.

 

Dalam perjalanannya Faras bertemu dengan seorang wanita bernama Mareta, yang diketahui memiliki hubungan dengan orang yang sedang dicarinya ini. Disini juga dimulailah hubungan persahabatan antara Faras dan Mareta. Lalu bagaimanakah nasib persahabatan diantara mereka bertiga? apakah Faras akan bertemu dengan ikhsan lagi?

 

Review Buku Tahta Mahameru was last modified: July 3rd, 2013 by

Gallery of Review Buku Tahta Mahameru