Review Buku “Totto-chan’s Children: A Goodwill Journey to the Children of the World

chanJudul                     : Totto-chan`s Children: A Goodwill Journey to the Children of the World

Penulis                 : Tetsuko Kuroyanagi

Penerbit              : Gramedia Pustaka Utama

Tahun terbit       : 2012, cetakan kelima

Jumlah Halaman: 328 halaman

 

Buku Totto-chan’s Children: A Goodwill Journey to the Children of the World merupakan buku lanjutan yang tulis oleh Tetsuko Kuroyanagi setelah sebelumnya menelurkan karya berjudul Totto-chan, Gadis Cilik di Jendela yang menjadi best seller. Berbeda dari buku sebelumnya, Totto-chan’s Children: A Goodwill Journey to the the Children of the World akan membuat pembaca larut dengan cerita yang mengharukan.

Mengharukan merupakan kata paling tepat yang dapat mendeskripsikan keseluruhan isi dari buku ini. Sebuah buku berisi kisah nyata yang dialami oleh Tetsuko Kuroyanagi ketika sudah dewasa dilengkapi dengan banyak bukti-bukti foto yang akan membuat pembaca merasa miris dan sedih melihat dampak-dampak yang diakibatkan sebuah peperangan.

Buku ini juga sarat akan makna mengenai betapa buruk dan kejinya sebuah peperangan, dampak dari sebuah peperangan paling dirasakan oleh anak-anak dan para wanita. Peperangan hanyalah sebuah keegoisan yang dilakukan orang-orang tidak berperasaan tanpa melihat dampak yang akan ditimbulkan.

Buku ini menceritakan kisah nyata ketika Totto-chan sudah beranjak dewasa dan diangkat menjadi duta kemanusiaan oleh UNICEF. Dirinya melakukan perjalanan untuk mengunjungi daerah-daerah yang menjadi lokasi-lokasi korban peperangan.

Disana Totto-chan bertemu dengan banyak kehidupan yang sangat menyayat hati. Anak-anak dengan kondisi tubuh yang akan membuat siapapun yang melihatnya merasa bersedih. Bagaimana tidak? Banyak sekali anak dengan tubuh kurus kering karena kurang gizi, belum lagi anak-anak yang harus berjalan berkilo-kilo meter untuk mendapatkan air untuk minum. Itupun bukan air yang layak untuk diminum, namun tidak ada pilihan disana. Banyak juga wanita-wanita yang menjadi korban pemerkosaan. Sungguh menyedihkan.

Buku ini mengajarkan pembaca untuk lebih bersyukur kepada kehidupan yang sudah didapatkannya. Jangan terlampau sering mengeluhkan berbagai hal saat diluar sana banyak anak-anak yang tidak mempunyai kesempatan untuk mengeluh bahkan tidak memiliki pilihan dalam kehidupannya. Sudah sepantasnya kita mensyukuri segala kenikmatan serta kemudahan yang telah kita miliki saat ini.

Review Buku “Totto-chan’s Children: A Goodwill Journey to the Children of the World was last modified: July 7th, 2013 by

Gallery of Review Buku “Totto-chan’s Children: A Goodwill Journey to the Children of the World