Segera Menepi Jika Merasakan Gejala-Gejala Ini

mengantukBerkendara dalam jarak yang cukup jauh dan dalam jangka waktu yang lama sudah pasti sangat melelahkan. Untuk menghindari terjadi hal-hal yang tidak diinginkan istirahat mutlak diperlukan. dr Andreas Prasadja, RPSGT,  ahli kesehatan tidur dari RS Mitra Kemayoran menegaskan bahwa kelelahan memiliki gejala yang bertahap, jika sudah mulai merasakan gejala-gejala tersebut maka segeralah menepi dan beristirahat.

“Tanda-tanda mengantuk seringkali disepelekan oleh orang, padahal bisa berbahaya jika diabaikan. Mengantuk adalah proses tubuh memberitahu bahwa ia butuh tidur. Jika tidak dipenuhi akan berpengaruh terhadap aktivitas dan pergerakannya,” ujarnya

Berikut tahapan gejala-gejala kelelahan dan mengantuk yang harus diwaspadai pengendara sekaligus pemudik:

1. Menguap

Gejala pertama dari kelelahan adalah menguap. Jika seseorang sudah mulai menguap, maka itu mendandakan jika orang tersebut sudah mulai kelelahan dan mengantuk. Mengantuk terjadi karena rendahnya jumlah oksigen di paru-paru. Waspadalah jika anda sudah mulai menguap selama di perjalanan.
2. Keluar air mata

kondisi seperti ini terjadi jika tingkat mengantuknya semakin bertambah, biasanya gejala ini diikuti dengan mengusap-usap matanya yang terus mengularkan air mata. Waspadalah, keluarnya airmata dapat mengganggu pandangan si pengendara yang bisa berakibat fatal jika tidak segera dihentikam.

3. Menyandarkan kepala

jika pengendara sudah myulai menyenderkan kepalanya ke senderan kursi berarti pengendara sudah memasuki gejala ketiga dari kelalahan dan mengantuk. Pada tahap ini kewaspadaannya terhadap kondisi jalanan semakin menurun.
4. Melamun saat berkendara

gejala paling akhir dari kelelahan dan mengantuk adalah melamun saat berkendara. Melamun saat berkendara sebenarnya pertanda jika sebagian otaknya sudah tertidur karena kelelahan. Pada kondisi seperti ini pengendara sudah benar-benar butuh istirahat karena sudah tidak lagi fokus untuk mengemudi. Istirahatlah di rest area atau menyempatkan untuk tidur sejenak untuk mengurangi rasa lelah dan ngantuk sebelum melanjutkan kembali perjalanan.

 

Segera Menepi Jika Merasakan Gejala-Gejala Ini was last modified: August 4th, 2013 by

Gallery of Segera Menepi Jika Merasakan Gejala-Gejala Ini