Sekolah “Kandang Sapi” Di Sulawesi selatan

sekolah sapiLagi-lagi potret buram pendidikan di Indonesia kembali terungkap. Sebuah Madrasah Aliyah “Sehati” yang terletak di daerah Ling, Bontopuasa, Kel. Adatongeng, Kec. Turikale, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan ini dinamai sekolah kandang sapi karena kondisinya yang memang tidak lebih baik dari kandang sapi.

Sungguh memprihatinkan memang, di Negara yang katanya sudah berkembang ini ternyata masih saja ada sekolah-sekolah dengan kondisi bangunan yang sangat memprihatinkan. Inilah bukti bahkan pembangunan di Indonesia masih sangat tidak merata.

Kebanyakan sekolah-sekolah yang berada jauh dari dari lokasi perkotaan dan sangat terpelosok jarang sekali mendapatkan perhatian dari para pemerintah terutama dinas pendidikan. Sekolah dengan keadaan memprihatinkan tersebut dibiarkan begitu saja tanpa adanya usaha atau bantuan untuk memperbaikinya. Sangat berbeda dengan sekolah-sekolah yang berada di perkotaan. Semua bangunannya dibuat megah dan kokoh dengan segala kelengkapan fasilitas pendidikan yang mumpuni dan sudah pasti akan sangat membantu siswa dalam proses belajarnya.

Sungguh tidak adil jika dana APBD pendidikan hanya berpusat dikota-kota besar lantas bagaimana nasib generasi-generasi muda Indonesia yang berada di kampung nan jauh disana? tentu saja mereka juga ingin mendapatkan hak yang sama. Sudah pasti mereka juga ingin meraih prestasi yang sama seperti teman-temannya yang berada di perkotaan.

kelas

Coba bayangkan bagaimana jadinya jika proses pembelajaran berlangsung disebuah sekolah yang kondisinya tidak lebih baik dari kandang sapi ini. Proses pembelajaran menjadi tidak lagi kondusif karena berbagai macam kendala seperti keadaan kelas yang kumuh dan ketakutan akan robohnya bangunan sewaktu-waktu.

Jangankan bisa menikmati sarana dan prasarana lengkap seperti sekolah-sekolah di perkotaan peralatan yang ada disekolah ini pun hanya fasilitas seadanya saja jauh dari kata standar. Dengan meja kursi yang sudah rapuh dan buku-buka yang terbatas proses pembelajaran tetap diusahakan untuk tetap berjalan.

Sudah seharusnya hal ini menjadi perhatian para pemimpin-pemimpin negara ini. Jangan hanya berusaha memperkaya diri sendiri dengan berbagai proyek dan korupsi-korupsi sana sini. Cobalah liat rakyat diluar sana yang sangat membutuhkan uluran tangan dari seluruh petinggi negara ini. Mereka juga lah yang nantinya akan menjadi penerus bangsa ini sudah selayaknya mereka mendapatkan perhatian yang sama seperti teman-temannya yang lain.

 

Sekolah “Kandang Sapi” Di Sulawesi selatan was last modified: June 1st, 2013 by

Gallery of Sekolah “Kandang Sapi” Di Sulawesi selatan