‘Selfie’ Paling Heboh di Tahun 2013

Foto ‘selfie’ dari tiga pemimpin negara tersebar di media dan menjadi berita yang menghebohkan. Mereka adalah Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama, Perdana Menter (PM) Denmark Helle Thorning Schmidt, dan PM Inggris David Cameron. Foto ‘selfie’ mereka beredar di dunia maya, dan menuai banyak kecaman dan juga kritik. Foto ini diambil seorang fotografer bernama Roberto Schmidt, ketika acara pemakaman dan mengenang seorang Nelson Mandella.

obama-selfie

Torning Schmidt menuturkan kepada media Denmark pada kamis (12/12/2013) bahwa foto yang mereka ambil adalah sebuah foto yang biasa, tidak ada unsur apa-apa di sana, karena ketika itu memang dalam suasana yang bahagia. PM Denmark wanita pertama ini mengatakan, “Itu bukannya tidak pantas. Ada banyak foto yang diambil hari itu, dan saya hanya berpikir itu sangat menyenangkan”. Ia juga menambahkan bahwa foto yang mereka ambil itu menandakan bahwa mereka juga hanya manusia biasa, yang butuh untuk sedikit bersenang-senang.

PM Dernmark ini menambahkah lagi bahwa suasana di sana ketika itu sangatlah menyenagkan, banyak disajikan tari-tarian. Walaupun memang itu suasana pemakaman seorang Nelson Mandella yang harusnya dalam suasana sedih. Akan tetapi sebenarnya itu adalah sebuah moment yang bahagia karena acara itu adalah sebuah perayaan untuk mengenang kisah hidup seseorang yang berumur 95 tahun dan sudah menorehkan berbagai karya yang luar biasa.

Roberto Schmidt, yang merupakan fotografer dalam acara itu mengungkapakan bahwa foto ‘selfie’ Obama, Thorning Schmidt, dan Cameron ia ambil setelah selang 2 jam sejak berlangusngnya acara dan setelah Presiden Obama selesai menyampaikan pidatonya terkait Nelson Mandella.

Ia munuturkan, bahwa suasana yang ada di sana, yaitu di Stadion Soweto, Johanesberg adalah suasana yang gembira dan meriah layaknya sebuah karnaval. Para hadirin ada yang tertawa, menari, dan juga bernyayi. Sehingga ia menambahkan, bahwa foto ‘selfie’ tiga pemimpin negara yang ia ambil itu adalah foto yang biasa, karena hampir setiap orang yang hadir di sana melakukan itu.

Akan tetapi, banyak koran-koran dan media massa mengkritik perilaku orang paling penting ini dengan tajam. Mereka mempertanyakan mengapa ‘gejala sosial’ narsis ini semakin meluas dan bahkan ada di sebuah acara yang terbilang serius, dan dilakukan oleh seorang pemimpin negara. Bahkan The Daily Mail menganggapnya sebagai sebuah perilaku yang tidak memiliki rasa hormat dengan kalimat tambahan ‘murahan’.

‘Selfie’ Paling Heboh di Tahun 2013 was last modified: December 28th, 2016 by

Gallery of ‘Selfie’ Paling Heboh di Tahun 2013