Senam Otak: Meningkatkan Konsentrasi dan Kemampuan Berpikir

brain-gym-exercises

Senam otak atau biasa disebut dengan brain gym merupakan sebuah metode yang dilakukan guna mengoptimalkan fungsi otak kiri dan kanan dengan serangkaian latihan gerakan tubuh sederhana. Senam otak ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa sehingga saat ini banyak sekolah – sekolah yang sudah mulai melakukan kegiatan senam otak sebelum memulai pelajaran karena selain meningkatkan kemampuan belajar, senam otak ini juga dapat meningkatkan konsentrasi dan semangat belajar siswa di sekolah.

Program senam otak ini pertama kali dikembangkan oleh Paul E. Dennison dan Gail E sejak tahun 1970 sehingga senam otak sudah bukan hal yang baru lagi di luar negeri karena sudah sangat umum digunakan. Sementara itu di Indonesia saat ini masih banyak yang belum mengetahui senam otak dan manfaatnya yang sangat besar.

Sebenarnya senam otak ini dirancang untuk membantu mengatasi kesulitan belajar baik pada anak – anak maupun orang dewasa. Dasar pemikiran Dennison dan Gail, belajar merupakan kegiatan yang menyenangkan dan alami yang dilakukan sepanjang hidup manusia.

Biasanya kesulitan belajar berasal dari ketidakmampuan seseorang untuk mengatasi keraguan dan stres dalam menghadapi tugas baru. Nah, senam otak menjadi sebuah metode untuk membantu mengoptimalkan fungsi otak. Gerakan – gerakan yang dilakukan pada senam otak dapat merangsang sel – sel dan saraf otak.

Gerakan tersebut meliputi gerakan kaki, gerakan tangan, kepala, dan ada pula yang menggambar angka 8 secara berulang – ulang. Tiap gerakan yang dilakukan oleh anggota tubuh memiliki fungsi yang berbeda – beda. Hasil dari kegiatan brain gym ini sangat mengejutkan dan berpengaruh pada peningkatan daya tahan otak, kemampuan berpikir, dll. Semua itu bisa dirasakan oleh mereka yang melakukan kegiatan brain gym ini secara teratur dan rutin.

Walaupun gerakan – gerakan pada senam otak terkesan aneh, namun seluruh gerakan tersebut tidak boleh dianggap remeh karena manfaatnya begitu besar. Untuk melakukan brain gym ini tidak diperlukan waktu hingga berjam – jam. Senam ini bisa dilakukan hanya dengan waktu sekitar 5 menit sehingga sangat cocok dilakukan sebelum memulai pelajaran.

Senam Otak: Meningkatkan Konsentrasi dan Kemampuan Berpikir was last modified: May 21st, 2013 by

Gallery of Senam Otak: Meningkatkan Konsentrasi dan Kemampuan Berpikir