Siapa Bilang Meeting Bisnis Tidak Bisa Berjalan Hanya 30 Menit?

Meeting kerap menjadi momok buruk dalam sebuah bisnis. Ketika hari ini Anda memiliki jadwal meeting, maka hari ini otomatis menjadi membosankan, karena membayangkan diri Anda dan tim kerja tenggelam dalam meeting yang berjam-jam seolah tidak akan usai.

siapa bilang meeting bisnis tidak bisa  berjalan hanya 30 menit

Apakah meeting seperti ini efektif? Sama sekali tidak. Anda akan memboroskan banyak energi, waktu dan tentu saja biaya dengan meeting berkepanjangan seperti ini. Pada sisi lain meeting panjang ini juga bisa memberi efek tekanan yang tidak sehat ada tim dan menurunkan semangat juga kinerja.

Tapi membuat meeting yang lebih ringkas dan pendek rasanya mustahil. Anda banyak hal yang harus Anda dan tim Anda bahas dan kupas. Juga betapa alotnya pengambilan keputusan itu berjalan semakin meyakinkan mustahilnya meeting dengan waktu pendek, 30 menit misalnya.

Tapi benarkah meeting 30 menit itu mustahil?Ternyata tidak bila Anda mencoba untuk mengikuti beberapa kiat ini.

  1. Bagi tim dalam beberapa tugas
    Bagi beberapa poin utama dari bahasan meeting akan datang. Bagi tim dalam beberapa tugas sesuai dengan keunggulan dari masing-masing personal. Berikan kelompok kecil ini tugas untuk menyediakan data dan analisa dari tiap-tiap poin. Pastikan data dan analisa dari tiap poin sudah siap minimal 2 hari sebelum meeting, termasuk alternative solusi dan penyelesaian.
  2.  Persiapan bahan sebelum meeting
    Bila semua  data dan analisa siap, jadikan semua berkas ini dalam bentuk file tercetak, atau dalam bentuk file computer untuk kemudian dipelajari oleh semua pihak peserta meeting. Setelah selesai mempelajari, maka peserta meeting perlu menyusun beberapa hal yang berkaitan dengan informasi yang diterima, baik itu masukan, kritik atau pertanyaan.
  3. Pengambilan keputusan efisien
    Pada saat meeting, pastikan semua sudah memiliki informasi secara menyeluruh memahami setiap informasi dan memiliki input bagi informasi bersangkutan. Dari sini, tim tinggal membahas input, analisa dan kemudian memilih beberapa alternative solusi.

Dengan membuat langkah persiapan lebih matang, maka tidak ada lagi kebuntuan, otot-ototan di dalam meeting yang membuat meeting berjalan lambat.

Siapa Bilang Meeting Bisnis Tidak Bisa Berjalan Hanya 30 Menit? was last modified: September 17th, 2013 by

Gallery of Siapa Bilang Meeting Bisnis Tidak Bisa Berjalan Hanya 30 Menit?