Siapa Bilang Pria Tidak Boleh Menangis?

menangis

Siapa Bilang Pria Tidak Boleh Menangis?  “Pria yang mengeluarkan airmata adalah pria lemah” merupakan sebuah stereotip yang berkembang di masyarakat Indonesia bahkan dunia. Entah sejak kapan dimulainya tapi sebagian besar pria saat ini masih menjadikan stereotip tersebut sebagai sebuah prinsip. Tentu saja tidak salah jika seorang pria ingin menjadi sosok yang tegar namun pada kenyataannya tidak pernah ada undang-undang atau peraturan yang melarang seorang pria untuk menangis bukan?

Kebiasaan orang tua di Indonesia ketika melihat anaknya menangis adalah dengan menggunakan kata-kata yang bersifat menakuti atau mendoktrin untuk mendiamkannya. Misalnya “jagoan ga boleh nangis”, “masa cowok cengeng” dan sebagainya. Kata-kata seperti itu yang kemudian diserap oleh anak dan dibawanya sampai ia dewasa.

Para peneliti didunia telah membuktikan bahwa sah-sah saja jika seorang pria dewasa ingin menangis. Karena menangis adalah cara manusia untuk mengekpresikan perasaannya. Faktanya yang diberikan saluran airmata tidak hanya wanita, pria pun memilikinya. Sebuah penelitian dari Penn State University membuktikan bahwa seorang pria yang menangis, itu menandakan ketulusan dan kejujuran hatinya.

Jadi tidak ada alasan lagi jika seorang pria malu atau enggan untuk mengeluarkan airmatanya demi menjaga harga diri. Harga diri tidak akan terpengaruh oleh air mata. Justru tanpa sadar dengan menangis maka anda telah melepas sebagian beban yang telah membebani anda selama ini.

Tapi bukan berarti pria yang suka menangis itu juga bisa disebut wajar. Menangis yang wajar adalah menagis yang sesuai dengan masalah, kondisi, waktu dan keadaannya. jika memang sudah tidak kuat menahan emosi maka keluarkanlah, air mata menjadi sarana paling mudah untuk meringankan masalah. Dibanding ditahan-tahan kemudian menjadi penyakit?

 

Siapa Bilang Pria Tidak Boleh Menangis? was last modified: May 15th, 2013 by

Gallery of Siapa Bilang Pria Tidak Boleh Menangis?