Siapa Bilang Wanita itu Lemah?

OLYMPUS DIGITAL CAMERADahulu wanita selalu dianggap memiliki citra sebagai mahluk lemah yang selalu membutuhkan perlindungan dari seorang pria. Wanita hanyalah tokoh belakang panggung yang hanya perlu tinggal di rumah dan menjaga keluarganya.

Namun sekarang pandangan seperti itu perlahan sudah mulai hilang. Peran wanita kini mulai diperhitungkan. Berbagai bidang perkerjaan sudah mulai degeluti oleh para wanita. Image wanita sebagai mahluk lemah yang selalu membutuhkan perlindungan dari seorang pria perlahan mulai terkikis. Kini bermunculan wanita-wanita tangguh yang siap menyetarakan dirinya dengan pria. Buktinya sudah banyak wanita-wanita di dunia yang sukses mengambil alih beberapa posisi penting yang seharusnya dipegang oleh seorang pria.

Di Indonesia ada seorang tokoh wanita yang sangat terkenal sebagai tokoh emansipasi wanita indonesia bernama R.A. Kartini. Ternyata selain R.A Kartini ada banyak tokoh wanita lain yang dengan gagah berani berjuang melawan penjajah dengan membawa nama seorang wanita yang tangguh seperti Cut Nyak Dien, Martha Christina Tiahahu, Dewi Sartika dll.

Setelah beliau-beliau tersebut mulai bermunculan pejuang-pejuang wanita lain yang dengan gigih memperjuangkan hak wanita agar bisa setara dengan kaum pria tidak seperti anggapan orang-orang terdahulu. Contoh Kartini-Kartini di jaman modern seperti sekarang ini adalah Sri Mulyani Indrawati mantan Menteri Keuangan RI yang saat ini sedang menjabat posisi Managing Director Bank Dunia, selain itu juga ada Megawati Sukarno Putri sebagai presiden wanita pertama di Indonesia.

Selain Sri Mulyani dan Megawati Sukarno Putri, saat ini semakin banyak bermunculan wanita-wanita yang dengan gagah berani mengambil sebuah profesi yang sepantasnya menjadi profesi seorang pria. Pernahkah anda mendengar mengenai beberapa nama supir yang tercatat sebagai pengendara bus trans Jakarta adalah seorang wanita? Atau tukang ojek wanita? Atau ibu-ibu pemecah batu di daerah Jawa Tengah? Mereka semua adalah wanita-wanita tangguh yang berani mengambil resiko hanya untuk membantu suaminya mencari nafkah untuk keluarganya. Mereka tidak pernah malu melakukan pekerjaan kasar seperti itu karena mereka melakukannya dengan tujuan mulia. Wanita-wanita seperti ini juga pantas disandangkan gelar sebagai wanita tangguh.

Sekarang sudah bukan saatnya lagi wanita hidup dengan bergantung kepada seorang pria. Wanita memiliki kekuatan tersendiri dalam berjuang yang terkadang tidak dimiliki oleh pria. Wanita juga memiliki keberanian yang besar untuk tetap dapat berdiri menghadapi dunia dengan berpijak di atas kakinya sendiri. Buang jauh-jauh pemikiran bahwa wanita itu lemah, karena wanita telah diciptakan Tuhan dengan ketangguhannya sendiri.

Siapa Bilang Wanita itu Lemah? was last modified: May 24th, 2013 by

Gallery of Siapa Bilang Wanita itu Lemah?