Sosial Media Mengganggu Kedekatan Anak dan Orangtua

sosial mediaBelakangan ini sosial media tidak hanya digunakan oleh para kawula muda saja, para orang-orang tua juga ternyata tidak mau kalah. Tak sedikit dari mereka yang aktif bermain di facebook, atau pun twitter. Hal ini bagus, karena itu berarti orang-orang tua jaman sekarang tidak gagap dengan teknologi.

Sayangnya, akibat mewabah virus sosial media di kalangan orangtua ini hubungan keakraban orangtua dan anak menjadi terganggu. Tidak ada lagi rutinitas ngobrol di meja makan seperti dahulu, digantikan dengan rutinitas menyapa di Facebook atau berkirim mention di Twitter.

Dilansir dari Dailymail, semakin banyak orang tua masa kini yang tak membicarakan hal penting dengan anak-anak mereka. Jejaring sosial telah dijadikan salah satu media komunikasi yang ‘biasa’ untuk menggantikan obrolan hangat mereka di meja makan.

Saat ini manusia memang sudah didukung dengan berbagai gadget yang canggih yang sangat memudahkan kehidupan mereka. Hanya saja ternyata manusia tidak mampu mengimbangi perkembangan gadget tersebut dengan kehidupan sehari-hari mereka. Akibatnya hubungan antar manusia dengan manusia lain menjadi terganggu.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Andrew Hert, menemukan fakta bahwa kebanyakan orang tanpa sadar telah dikendalikan oleh teknologi. Internet yang dahulu tidak terlalu dipentingkin kini menjadi kebutuhan utama kehidupan mereka.

Seorang psikolog, Prof. Karen Pine mengatakan bahwa hal ini membuat anak-anak merasa lebih bebas, mereka menghabiskan waktu lebih banyak dengan sosial medianya ketimbang dengan orangtuanya. Sementara itu, para orangtua tidak tahu banyak tentang hal apa saja yang dilakukan oleh anak-anaknya.

Walaupun begitu kemajuan teknologi ini tidak dapat ditolak dan kita semua harus beradaptasi dengan hal ini. Sebenarnya jika digunakan dengan benar, media sosial ini juga bisa dimanfaatkan oleh orang tua untuk memantau aktivitas sehari-hari anaknya.

Untuk itu sebaiknya kita bisa mengimbangi perkembangan teknologi dengan cara yang bijak. Manusia yang seharusnya mengendalikan teknologi bukan teknologi yang mengendalikan manusia.

 

Sosial Media Mengganggu Kedekatan Anak dan Orangtua was last modified: July 28th, 2013 by

Gallery of Sosial Media Mengganggu Kedekatan Anak dan Orangtua