Strategi Dalam Membuka Bisnis Baru

Siapa bilang membuka bisnis baru itu sulit. Banyak pengusaha yang tidak berawal dari kalangan berpendidikan tinggi tapi tetap mampu menunjukan giginya. Ini hanya soal pola pikir, tekad dan strategi.  Karenanya kali ini saya akan mencoba berbagi strategi yang saya kenal dalam membuka bisnis baru.

strategi dalam membuka bisnis baru

Membuka bisnis baru sebenarnya juga bisa menjadi  pintu gerbang bagi Anda untuk menuju kesuksesan. Asal Anda menerapkan strategi usaha yang tepat maka hal tersebut tidak mustahil. Berikut ini adalah beberapa strategi jitu yang secara umum bisa Anda terapkan pada saat Anda membuka bisnis baru.

  1. Awali dari skala kecil
    Menjalankan usaha memang harus dengan berpikir besar, tapi bukan langsung dalam skala besar. Ruang usaha yang besar dan mewah, tenaga kerja banyak dan profesional serta peralatan dan perlengkapan modern sudah pasti akan memakan biaya yang besar. Padahal bisnis baru Anda ini masih merintis pelanggan. Dengan pemasukan sedikit, sudah pasti berat bila Anda harus memenuhi biaya sebesar itu.
  2. Ambil Bidang yang Anda minati dan pahami
    Satu lagi strategi yang tidak boleh Anda abaikan, pilihlah bidang bisnis yang Anda pahami dan minati. Bila Anda memiliki hasrat pada bidang tersebut Anda akan memiliki semangat dalam menjalankannya. Sedang bila Anda menjalankan bidang yang Anda pahami seluk beluknya Anda akan lebih mudah dalam menghadapi liku-liku bisnis Anda.
  3. Buka Pasar Secara Strategis
    Salah satu langkah penting dalam membuka usaha adalah memastikan produk Anda ada yang membeli. Apapun bentuk usaha Anda, secara offline atau online buka semua koneksi yang bisa Anda manfaatkan untuk menggapai semua konsumen. Tapi pastikan bahwa target Anda sesuai dengan kapasitas produksi Anda.
  4. Jangan Buru-buru ambil untung
    keuntungan dalam usaha itu sudah seharusnya, tapi kalau setiap keuntungan segera Anda gunakan untuk pribadi Anda, ini baru masalah. Usaha berkembang dan maju berkat keuntungan yang di tahan dalam usaha. Bila keuntungan terus dicairkan, modal Anda tidak akan berkembang.
  5. Buat sistem otorisasi
    Salah satu ciri khas dari sistem manajemen profesional adalah sistem otorisasi. Anda tidak selalu mencurahkan seluruh diri Anda untuk semua lini dari usaha Anda, karena sebenarnya itu mustahil. Pada umumnya manusia memiliki kelemahan, jadi tidak banyak orang yang mampu menguasai semua bidang. Jadi serahkan beberapa tugas kepada mereka yang menguasai bidang tersebut dengan pengawasan dan evaluasi tentunya. Jalankan strategi ini meski usaha Anda belum berskala besar.
Strategi Dalam Membuka Bisnis Baru was last modified: September 6th, 2013 by

Gallery of Strategi Dalam Membuka Bisnis Baru