Susi Pudjiastuti, Kisah Sukses Pengusaha Yang Tidak Pernah tamat SMA (1)

Pada informasi sebelumnya membahas mengenai kesuksesan yang tidak mengenal usia, suku, kondisi fisik dan pendidikan . Pada kesempatan ini saya akan mencoba berbagi kisah sukses pengusaha yang membuktikan bahwa menjadi sukses tidak berkaitan dengan pendidikan.

susi pudjiastuti, kisah sukses pengusaha yang tidak pernah tamat SMA (1)

Apapun latar belakang Anda, Anda bisa sukses. Karena menjadi sukses tidak selalu memerlukan pendidikan tinggi, tapi selalu membutuhkan impian dan kemauan. Anda perlu memiliki keyakinan maka sukses akan datang.

Terlihat klise ya…tapi bila Anda mengikuti bagaiman Susi merintis setiap langkah usahanya, Anda akan sadar betapa berat beliau mendaki gunung. Tapi bagi Susi kata berat itu sama sekali tidak ada dalam kamus hidupnya.

Susi adalah seorang wanita asli Jawa yang hidup dan besar dk Pangandaran. Meski berlatar belakang keluarga cukup, Susi yang hidup dalam pola kehidupan tradisional tidak menyelesaikan pendidikan SMAnya. Tapi justru karena inilah kehidupannya menjadi sukses.

Kisaha sukses pengusaha ini justru berawal ketika keputusan untuk meninggalkan bangku SMA muncul. Susi muda berupaya keras menemukan ide untuk bisa berpenghasilan. Mulai dari membuka usaha supplier sprei dan bedcover untuk hotel di kawasan Pangandaran.

Tapi sebagai masyarakat pantai, Susi justru melihat potensi besar kawasan ini yang bisa dia gali adalah usaha perikanan. Terjunlah Susi sebagai pedagang ikan untuk memasok ikan ke resto-resto. Sumber ikan yang dia jual berasal dari pelelangan ikan.

Perlahan, dari usahanya ini Susi berhasil membeli beberapa perahu. Perahu ini dia sewakan pada nelayan dengan perjanjian ikan hasil tangkapan akan dijual padanya. Susi mendapat dua keuntungan. Pertama mendapat hasil dari persewaan perahu, juga bisa mendapatkan suplai ikan segar dengan pasti.

Dengan suplai ikan yang lancar dalam usahanya, Susi memberanikan diri mengembangkan pemasaran ikan hasil perolehannya ini. Mulailah Susi membuka jalur penjualan ke Jakarta. Dengan mobil dengan storage pendingin, setiap hari armada Susi melaju Pangandaran-Jakarta untuk mensuplai ikan.

Tidak berhenti di sini saja, Susi terus mencari akal untuk bisa meningkatkan penjualannya. Karena perahu yang dimilikinya semakin banyak di sepanjang garis pantai Pangandaran – Cilacap. Maka suplai ikan yang dimilikinya semakin banyak, potensi ini harus dikembangkan lebih optimal. Tidak heran dalam sekejap saja Susi bisa menguasai pasar suplai ikan ekspor.

Tapi Susi justru melihat potensi dari ikan ekspor. Seandainya, dia sendiri yang membukanya, tentu akan lebih efektif. Karena ini artinya dia memotong jalur distribusi. Tahun 1996, Susi membuka usaha eksportir  ikan dengan nama Susi Brand. Dalam 3 bulan dari pendiriannya saja Susi Brand sudah berhasil membuka jalur distribusi tetap ke Jepang. Untuk bisa merebut pasar internasional, Susi tanpa ragu bertanya pada para ahli, apa saja syarat yang harus ia penuhi pada brandnya.

Dalam 1 tahun Susi Brand menjadi kebanggaan Indonesia di dunia maritim. Kemampuannya melebarkan pasar hingga kebanyak negara di dunia sangat mengagumkan. Dengan latar belakang pendidikannya, Susi tanpa malu masuk dalam pergaulan internasional dan memikat pasar dunia. Bagaimana kisah sukses pengusaha ini selanjutnya? Temukan pada artikel berikutnya.

Susi Pudjiastuti, Kisah Sukses Pengusaha Yang Tidak Pernah tamat SMA (1) was last modified: October 5th, 2013 by

Gallery of Susi Pudjiastuti, Kisah Sukses Pengusaha Yang Tidak Pernah tamat SMA (1)