Susi Pudjiastuti, Kisah Sukses Pengusaha Yang Tidak Pernah tamat SMA (2)

Susi Pujiastuti seorang yang sukses dengan usaha perikanan hanya dalam beberapa tahun meski tidak pernah merampungkan pendidikan SMAnya. Berhasil menaklukan pasar internasional, masuk dalam pergaulan dunia tanpa merasa rendah diri.

susi pudjiastuti, kisah sukses pengusaha yang tidak pernah tamat SMA (2)

Susi memang seorang yang tidak ragu untuk belajar, pandai membaca peluang dan terus mengejaruntuk menjadi lebih baik. Susi selalu berusaha membuat usahanya terus semakin baik dan semakin baik lagi. Sehingga bagi Susi tidak pernah ada tempat untuk kata berhenti.

Itu terbukti ketika tiba-tiba muncul ide Susi untuk memiliki pesawat. Dengan bersuami seorang insinyur IPTN asal Jerman, ide Susi memang tidak sulit terwujud. Susi hanya ingin mempercepat proses distribusi ikan segar miliknya ke negara-negara lain. Dengan menjual ikan segar yang belum 24 jam maka Susi bisa membandrol ikan miliknya lebih mahal

Usahanya memberi fasilitas pesawat untuk produk ikan Susi brand ini menjadi cikal bakal Susi Air . Secara perlahan Susi menambah armadanya untuk meningkatkan pelayanan pengiriman. Tapi bukan Susi bila tidak melihat peluang dari setiap kondisi.

Memilik pesawat perintis dalam jumlah banyak membuatnya berpikir untuk menyewakan pesawat miliknya secara komersial. Ide inilah yang mendorongnya mendirikan Susi Air.Alih-alih menjadikannya sekedar penunjang usaha, justru Susi mencoba serius dengan usaha pesawat rintisnya.

Pada tahun 2004, banyak nelayan menjadi kurang agresif dalam berlayar karena takut pada ombak dan tsunami. Semua ini gara-gara peristiwa Tsunami di Aceh. Usaha perikanan Susi mundur drastic ketika itu. Suplai tidak terpenuhi dan pasar menjadi mogok karena pelanggan perlahan kabur.

Pesawat yang seharusnya menjadi kargo untuk aktivitas perdagangannya beralih menjadi pesawat transportasi di Aceh, disewakan kepada banyak NGO yang bermarkas di sana sementara waktu. Justru usaha Susi Air berkembang pada masa ini. Susi bahkan tanpa ragu membeli puluhan pesawat perintis baru pada tahun 2009. Dan mengembangkan armada Susi Air hingga ke Jayapura dan seluruh pelosok negeri lainnya.

Kini Susi Brand dan Susi Air berdiri beriringan dengan jalurnya masing-masing dan mengembangkan sayap pada dua dunia yang berbeda. Susi Pujiastuti menjadi seorang sukses di usianya yang terbilang muda. Sungguh kisah sukses pengusaha yang layak menjadi tauladan Anda.

Susi Pudjiastuti, Kisah Sukses Pengusaha Yang Tidak Pernah tamat SMA (2) was last modified: October 5th, 2013 by

Gallery of Susi Pudjiastuti, Kisah Sukses Pengusaha Yang Tidak Pernah tamat SMA (2)