Takut Gerah Saat Berhijab? No Way!

hijab

 

Gelumbang.com, Menutup aurat merupakan salah satu kewajiban bagi setiap umat islam. Khusus untuk wanita menutup aurat dimulai  dari seluruh tubuhnya kecuali wajah dan pergelangan tangan.

Namun beberapa wanita masih enggan menutup auratnya terutama menutupi rambut dengan hijab karena khawatir rambutnya akan rusak, bau, muncul ketobe, dan sebagainya. Permasalahan tersebut terjadi hanya karena faktor gerah yang diakibatkan dari penggunaan jilbab.

Rasa gerah di  bagian kepala yang terjadi pada saat menggunakan hijab bukanlah suatu masalah besar karena masalah tersebut masih bisa diatasi. Dilansir dari nuwansa.com ada beberapa trik memakai jilbab agar terbebas dari rasa gerah saat menggunkannya, sebagai berikut:

Pemilihan bahan hijab/kerudung yang tepat merupakan faktor terpenting agar tidak timbul rasa gerah ketika menggunakan hijab. Sebaiknya anda memilih bahan hijab/kerudung yang memiliki lubang serat sehingga mudah menyerap keringat seperti bahan katun atau kaos.

Sebelum menggunakan hijab/kerudung, pastikan rambut anda dalam keadaan kering. Jika anda baru selesai keramas maka keringkan rambut anda terlebih dahulu sebelum menggunakan hijab/kerudung. Tujuannya adalah supaya rambut anda tidak menjadi lembab dan lepek. Juga untuk menghindari munculnya bau karena menggunakan hijab dalam kondisi rambut masih basah.

Jika anda lebih banyak melakukan aktivitas outdoor maka sebaiknya anda memilih hijab/kerudung dengan warna-warna cerah untuk menghindari penyerapan panas dari sinar matahari yang bisa menyebabkan panas pada kulit kepala. Semakin panas kulit kepala maka akan menimbulkan keringat dan kelembaban.

Usahakan untuk menjaga panjang rambut anda hanya sekitar 60cm. Tujuannya untuk membuat anda merasa nyaman dan rambut lebih mudah untuk diikat cepol didalam hijab/kerudung.

Jika anda berencana melakukan aktivitas penuh seharian maka jangan menggunakan model hijab yang terlalu banyak lilitan dibagian leher. Karena hal ini dapat menghambat sirkulasi udara dan pernafasan pada rambut.

Gunakan shampo dengan kandungan mint didalamnya, karena shampo yang memiliki kandungan mint membuat kepala anda tidak mudah lembab dan memberikan sensai sejuk di kulit kepala anda.

 

Takut Gerah Saat Berhijab? No Way! was last modified: September 8th, 2013 by

Gallery of Takut Gerah Saat Berhijab? No Way!