Teknik Presentasi Yang Paling Joss

Dalam waktu dekat Anda akan menghadapi presentasi pertama Anda. Ini mungkin mengerikan bagi Anda. Tapi bagaimanapun harus Anda hadapi. Bagaimana sebenarnya teknik presentasi yang bisa membuat presentasi Anda berhasil.

Tujuan semua presentasi adalah meyakinkan orang lain untuk menyetujui pendapat Anda. Satu-satunya cara meyakinkan orang lain adalah tampil meyakinkan. Anda bisa mencontek bagaimana para pembicara ahli berbicara di forum, satu kunci utama dalam teknik presentasi mereka adalah keyakinan mereka akan diri mereka dan materi mereka.

cara melakukan presentasi

Nah, untuk Anda yang baru akan memulai presentasi pertama Anda, berikut teknik presentasi dasar yang bisa membuat presentasi Anda berhasil dan joss.

  1. Tatap audience
    Menatap mata audience memang terasa berat di awal. Karena Anda harus melawan rasa takut pada tatapan mereka. Tapi percayalah, mereka menatap Anda untuk mendapatkan keseluruhan informasi yang akan Anda sampaikan, tidak lebih. Jadi tarik nafas Anda dalam-dalam dan tatap mereka dengan yakin. Meski pada awalnya terasa janggal tapi akhirnya terasa nyaman.Tatapan Anda pada mereka secara langsung membuat mereka merasa Anda hargai sekaligus merasakan keyakinan Anda.
  2. Tersenyum
    Tidak perlu berlebihan, tapi berbicara dengan wajah terlalu serius akan mebuat kesan Anda sedang tertekan atau malah sedang menghafal materi. Jadi tampakan wajah cerah, Anda akan memancarkan aura positif dengan otomatis. Aura ini akan menyebarkan rasa yakin para audience pada Anda
  3. Jelas dan luwes
    Bila Anda bicara dengan suara pelan, kaku dan penuh nada-nada ragu macam “Uhmm atau “eee”, maka aura yang muncul adalah ketidakyakinan. Bicaralah dengan lantang dan jelas pengucapannya, supaya tidak terjadi salah penangkapan. Sementara itu gunakan intonasi penekanan bila memang bahasan tersebut perlu Anda tekankan.
  4. Dinamis di panggung
    Jangan kaku, lagi-lagi itu yang saya tekankan. Gunakan tangan Anda, bergeraklah di sepenjuru panggung, bila menggunakan panggung. Bila Anda terpaksa harus berdiri di depam podium, maka bergeraklah ke kanan dan ke kiri. Gerakan Anda ini menunjukan Anda respect pada audience Anda, ingin menjangkau mereka dan ingin menyampaikan informasi dengan sejelsa mungkin. Pada sisi lain audience juga merasa Anda nyaman dengan posisi Anda di depan dan yakin dengan diri Anda.
  5. Kuasai materi
    Menguasai materi bukan sekedar hanya menghafal materi, tapi Anda benar-benar mampu memahami keseluruhan dari materi, konsepnya, arah informasi hingga penggambarannya. Karena kadang teks tidak sepenuhnya mampu menggambarkan informasi dengan sempurna, karenanya Anda perlu memiliki pemahaman untuk bisa menyampaikannya dalam sebuah gambaran yang lebih konkret.

Demikian tadi 5 teknik presentasi dasar yang perlu Anda ketahui bila untuk membuat presentasi Anda berhasil.

Teknik Presentasi Yang Paling Joss was last modified: October 10th, 2013 by

Gallery of Teknik Presentasi Yang Paling Joss

cara melakukan presentasi