Tentang Gelumbang

Gelumbang adalah nama salah satu kecamatan yang ada di kabupaten Muara Enim. Kecamatan Gelumbang memiliki luas wilayah lebih kurang 658.5 km² dengan jumlah penduduk 56.128 Jiwa. Gelumbang dapat diakses melalui darat dengan menempuh perjalanan lebih kurang 30 menit dari kota Prabumulih atau lebih kurang 30 menit dari kota Inderalaya (ibukota Kabupaten OI). Sedangkan jika diakses dari Kabupaten Muara Enim sendiri memakan waktu lebih kurang 3 jam untuk perjalanan darat.


Lihat Peta Lebih Besar

Penduduk asli dari kecamatan Gelumbang ini adalah masyarakat suku Belida. Bahasa yang digunakan dalam komunikai sehari-hari adalah bahasa belida. Setiap desa memiliki logat bahasa yang berbeda meski tak terlalu kentara. Mayoritas penduduknya adalah petani dan pedagang  dan lebih kurang 98% memeluk agama Islam.

Nama Gelumbang berasal dari kata gelombang yang konon ceritaya terjadi banjir dahsyat yang menyapu seluruh dataran Gelumai (nama sebelum Gelumbang). Gelumai saat itu berubah bak lautan yang bergelombang. Dan untu mengenang bencana tersebut maka diubahlah nama Gelumai menjadi Gelumbang dan tetap bertahan hingga saat ini (baca cerita lengkapnya di sini).

Web Gelumbang.com ini sendiri didedikasikan sebagai pendukung Kecamatan Gelumbang untuk mewujudkan misinya menjadi kabupaten Mandiri bersama kecamatan lainnya di zona 5.