Tidak Mau Gagal Dengan Negosiasi Anda? Jangan Lakukan Kesalahan Ini

Ketika Anda memulai sebuah negosiasi, sudah pasti besar harapan Anda semua akan berakhir dengan kesepakatan. Tapi sayangnya, bukan sekali dua kali seorang pelaku usaha harus pulang dari sebuah negosiasi dengan tangan kosong.

tidak mau gagal dengan negosiasi anda? jangan lakukan kesalahan ini

Apa yang salah dengan negosiasi Anda? Kira-kira seperti itu pertanyaan yang terlintas di pikiran Anda ketika itu. Mungkin informasi ini bisa memuaskan rasa penasaran Anda dan memberi Anda masukan untuk memperbaiki cara Anda untuk membentuk kesepakatan dalam sebuah negosiasi.

  1. Negosiasi bukan hanya soal uang
    Membicarakan perihal uang sudah pasti penting dala negosiasi bisnis. Tapi uang bukan satu-satunya poin yang harus menjadi perhatian Anda. Karena ketika Anda hanya fokus pada soal nilai uang, maka Anda dipandang tidak memperhatikan unsur kepuasan. Padahal bila Anda perhatikan semua aktivitas repeat order selalu berawal dari kepuasan, bukan begitu?
  2. Tidak memahami kebutuhan Lawan Negosiasi
    Ini masih berkaitan dengan poin pertama. Ketika Anda berangkat menuju sebuah negosiasi, tentu yang Anda cari adalah bagaimana caranya kebutuhan Anda terpenuhi, begitu pula sebaliknya dengan lawan negosiasi Anda. Jadi pastikan Anda paham kebutuhan dari lawan Anda dan berikan fakta dan informasi yang mampu memberikan jawaban dari kebutuhan mereka. Tunjukan bagaimana produk Anda mampu menjadi solusi kebutuhan mereka dengan lebih baik.
  3. Terlalu murah atau tinggi hati
    Poin ini memang mengenai harga dan nilai uang dari produk Anda. Ketika Anda sampai pada tahap tawar menawar, pastikan Anda sudah mengantongi harga dari pesaing Anda, kapasitas dari produk pesaing Anda. Jadikan ini patokan, jangan terlalu keras kepala dengan harga tinggi, bila sebenarnya harga Anda bisa lebih Anda tekan, ingat mereka bisa jadi akan menjadi pelanggan jangka panjang Anda. Tapi juga jangan terlalu murah hati hingga Anda lepas harga pada titik rendah. Pastikan bukan harga kekuatan Anda menjual tapi justru pada layanan dan kualitas dari produk Anda.
  4. Memandang negosiasi hanya di depan meja rapat
    Bila negosiasi Anda berhasil, bisa jadi lawan Anda ini akan menjadi salah satu partner dari usaha Anda dalam jangka panjang. Jadi bersikaplah sebagai teman dan siapkan diri Anda untuk menjalin hubungan baik di luar meja rapat Anda. Hubungan social semacam ini akan membentuk jalinan yang lebih baik dari sekedar negosiasi formal.
Tidak Mau Gagal Dengan Negosiasi Anda? Jangan Lakukan Kesalahan Ini was last modified: September 20th, 2013 by

Gallery of Tidak Mau Gagal Dengan Negosiasi Anda? Jangan Lakukan Kesalahan Ini