Tips Aman Menggunakan ATM

atmBagi para nasabah perbankan pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah kartu debet atau ATM. Kartu kecil berbentuk persegi panjang ini ternyata sangat memudahkan para nasabah untuk melakukan berbagai transaksi yang sesuai dengan kebutuhannya.

Kartu debet atau ATM juga biasa disebut sebagai uang elektronik karena fungsinya sama dengan uang sungguhan. Dahulu kita harus membawa uang yang cukup banyak didalam dompet kiya jika ingin berbelanja atau membeli sesuatu. Namun sekarang dengan adanya uang elektronik seperti ini kita tidak perlu lagi membawa-bawa uang dalam jumlah banyak didalam dompet. Selain tidak efisien membawa uang didalam dompet dengan jumlah yang banyak tentu saja akan membuat kita selalu was-was bukan?

Namun ternyata kemudahan ini juga tidak dilewatkan begitu saja oleh para oknum penjahat untuk mendapatkan keuntungan. Aksi kejahatan berupa pembobolan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) belakangan ini semakin marak terjadi. Berbagai modus penipuan juga dilakukan untuk mengakali para pengguna ATM yang tidak waspada.

Dilansir dari sebuah artikel di web resmi Polda Metro Jaya mengenai tips aman dalam menggunakan ATM. Dalam artikel tersebut dijabarkan beberapa tips yang bisa digunakan untuk mengantisipasi kejahatan-kejahatan seperti yang telah disebutkan diatas. Diantaranya:

Melindungi kerahasiaan PIN ATM

PIN ATM merupakan privasi yang tidak boleh diketahui oleh orang lain. Untuk itu melindungi kerahasiaan PIN ATM merupakan tindakan wajib yang harus sangat diperhatikan oleh para pengguna layanan ini. Misalnya dengan mengganti PIN secara berkala, menutup dengan tangan ketika memasukan PIN sehingga tidak diketahui pihak lain, dan jangan pernah sekali pun memberikan PIN kepada orang lain. Biasanya para penjahat menyamar seolah-olah menjadi petugas bank yang meminta nasabah untuk menyebutkan atau menginputkan PIN.

Cari lokasi ATM yang relatif aman

Cari lokasi ATM yang tidak terlalu ramai dan terbuka. ATM didalam sebuah ruangan yang tertutup akan lebih aman dibandingkan dengan ATM yang terbuka karena ATM yang terbuka akan memberikan akses kepada para penjahat untuk memperhatikan aktifitas yang sedang kita lakukan serta mencatat atau menghapal PIN ATM kita.

Perhatikan kondisi fisik mesin ATM dan sekelilingnya

Apabila ditemukan hal-hal yang mencurigakan dan dirasa tidak wajar jangan gunakan mesin ATM tersebut dan segera melapor kepada pihak bank atau melaporkannya kepada pihak yang berwajib.

Perhatikan kondisi alat EDC

Ketika nasabah sedang melalukan transaksi menggunakan kartu ATM pada merchant cobalah untuk memperhatikan kondisi alat EDC. Bila terdapat alat mencurigakan yang menempel pada EDC jangan lanjutkan transaksi dan segera melaporkan kepada pihak bank atau kepada pihak yang berwajib.

Tekan tombol secara acak setelah bertransaksi

Trik ini dapat digunakan untuk mengecoh pihak-pihak tertentu yang berusaha mendeteksi nomer PIN atau angka-angka pada saat bertransaksi sebelumnya.

Segera blokir ATM bila ditemukan kejanggalan transaksi

Segera laporkan kepada pihak bank terdekat jika mengalami kejanggalan pada saat bertransaksi seperti kartu ATM yang tertelan.

Jangan mudah percaya dengan bantuan orang lain

Jika mengalami kendala saat bertransaksi jangan langsung panic dan menerima bantuan dari orang tidak dikenal yang berada disekitar ATM. Sebaiknya segera datangi pihak bank terdekat dan menjelaskan kendala yang anda alami karena akan lebih aman dibandingkan bertanya pada orang tidak dikenal.

 

 

 

 

Tips Aman Menggunakan ATM was last modified: June 5th, 2013 by

Gallery of Tips Aman Menggunakan ATM