Tips Dalam Membeli kamera

Tips Dalam Membeli kamera – gelumbang.com. Kamera saat ini telah menjadi salah satu komoditas yang mulai diperhitungkan di Indonesia. Terbukti dengan semakin banyaknya produsen kamera yang memasarkan berbagai variannya di Indonesia mulai dari kamera saku, DSLR APS-C, hingga DSLR full frame. Hal ini tentu saja memanjakan para konsumen untuk memilih kamera mana yang tepat untuk digunakan. Namun alih-alih mendapatkan kamera yang tepat, banyak para fotografer kita baik yang pemula hingga yang sudah berpengalaman kesulitan memilih kamera mana yang dirasa tepat untuk dibeli.

kamera dslr

Gelumbang.com dalam tulisan kali ini akan mencoba membagikan beberapa tips yang mungkin dapat berguna bagi sobat yang sedang kesulitan memilih kamera. Berikut ini beberapa tips dalam membeli kamera.

Menentukan Range Budget

Penting sekali untuk kembali menilik saku sobat sebelum memilih kamera mana yang akan dibeli. Karena jika patokan kita adalah kualitas, kita akan dengan mudah mendapatkan kamera dengan kualitas terbaik namun jangan heran jika kita mendapati harganya yang selangit. Tak berarti kita dilarang memilih kualitas terbaik jika memang kita memiliki budget yang memadai. Akan tetapi tetap bijaklah dalam memilih kualitas (terkait harga) dengan keperluan penggunaan.

Sebagai pandangan jika kita memiliki budget 1-2 juta maka fokuslah dalam memilih kamera saku. Untuk range budget 5-6 juta, kamera DSLR APS-C entry level dapat menjadi acuan utama kita, setidaknya ini yang sering digunakan oleh fotografer pemula-semi.

Penting!!! Jangan lupa sisihkan uang di saku sobat untuk keperluan membeli perangkat pendukung lainnya seperti lensa kit, memory card, tas kamera, tripod dan lainnya. Namun untuk efisiensi kita bisa mencari seller yang menyediakan kamera sepaket dengan perangkat pendukung lainnya karena akan lebih mahal jika kita membelinya satu persatu (khusus pemula).

 

Menentukan 3 produk sebagai perbandingan

Jika kita telah menentukan range harga barulah kita memilih kamera mana yang sesuai dengan kemampuan kita. Agar lebih efektif disarankan untuk memilih 3 produk sebagai perbandingan fitur yang dimiliki oleh tiap-tiap kamera. Tidak perlu repot-repot mencarinya hingga ke pusat perbelanjaan. Saat ini hampir semua informasi kamera bisa dapatkan di internet secara gratis. Carilah kamera dari produsen yang cukup terkenal untuk mempermudah pembelian dan jika sewaktu-waktu kita ingin menggunakan garansi pabrikan.

 

Cari review singkat tentang kamera

Jika kita telah condong terhadap sebuah kamera, alangkah baiknya jika kita mencari tahu bagaimana pengalaman orang lain yang telah lebih dahulu menggunakan gear tersebut. Simple saja kita hanya perlu mencari review-nya di internet. Beberapa situs profesional dapat kita jadikan rujukan diantaranya www.digitalcamerareview.com dan www.dpreview.com. Disana kita bisa melihat kelebihan dan kekurangan sebuah kamera.

 

Kenali Feel kamera yang kita cari

Tips terakhir ini lebih kepada sobat fotografer yang telah berpengalaman menggunakan kamera. Biasanya ketika kita mengganti kamera yang kita gunakan perbedaan fitur yang diberikan tiap kamera menjadi hal yang sedikit mengganggu. Oleh karenanya kenali lebih dulu kamera yang akan kita beli baik dari segi fitur, susunan menu, hingga handlingnya. Untuk mempermudah kita bisa memilih kamera yang masih dalam satu seri yang mendekati sehingga tidak ada rasa canggung dalam menggunakan kamera baru kita.

Demikianlah beberapa tips memilih kamera yang mungkin dapat diaplikasikan bagi sobat yang sedang “galau” memilih kamera. Semoga bisa bermanfaat.

Selanjutnya kameraria.com akan memberikan beberapa tips dalam memilih lensa yang tepat.

Tips Dalam Membeli kamera was last modified: May 9th, 2013 by

Gallery of Tips Dalam Membeli kamera

kamera dslr