Tips Dalam Membuat Budget Untuk Usaha Kecil

Perencanaan adalah salah satu poin paling penting dalam pengelolaan usaha. Dalam poin ini Anda akan mengatur beberapa hal termasuk membuat budget kemudian langkah strategis baik dalam produksi maupun dalam pemasaran. Begitu pentingnya perencanaan hingga bisa Anda analogikan dengan navigasi dalam sebuah perjalanan.

tips dalam memilih lokasi usaha strategis tips dalam membuat budget untuk usaha kecil

Anda bisa tersesat bila Anda mengabaikan aspek navigasi. Begitu pula bila Anda abaikan aspek perencanaan dan meninggalkan langkah membuat budget usaha, meski usaha yang Anda jalankan hanya usaha skala kecil sekalipun maka bukan mustahil Anda akan berakhir pada kebangkrutan.

Kemudian bagaimana cara membuat budget, teruatam untuk usaha skala kecil? Mungkin beberapa tips ini bisa membantu Anda.

  1. Buat budget bulanan
    Membuat budget dalam jangka pendek jauh lebih mudah dan efisien daripada membuat budget untuk jangka panjang. Karena pada usaha kecil, aktivitas usaha masih berfluktuasi jadi perlu budget yang mudah berubah sesuai kondisi dan kebutuhan.
  2. Buat rekapitulasi dari periode lalu
    lakukan review atas kondisi keuangan pada periode lalu dan bandingkan kesesuaiannya dengan budget yang Anda tetapkan pada periode tersebut. Langkah ini memiliki dua manfaat. Rekapitulasi periode lalu merupakan salah satu dasar dalam budget periode berikutnya. Selain itu pembandingan ini akan menjadi bahan pertimbangan dalam mereduksi kesalahan dalam membuat budget.
  3. Gunakan data rekapitulasi sebagai dasar
    Dalam membuat budget untuk periode baru, Anda perlu melihat kondisi keuangan dan kesesuaikan budget dengan realita pada periode lalu dan pada periode yang sama pada tahun lalu. Kedua data ini setidaknya bisa menjadi gambaran bagi Anda kondisi usaha yang akan Anda hadapi pada periode tersebut dan memungkinkan Anda untuk membuat budget yang paling mendekati realita
  4. Buat budget yang fleksibel
    Kadangkala pada kondisi tertentu bisa terjadi situasi khusus yang terjadi di luar dugaan dan jauh diluar kemampuan budget yang Anda susun. Pada saat inilah Anda harus memiliki rencana cadangan. Jadi buatlah budget yang fleksibel dan siapkan beberapa kemungkinan untuk menyikapi hal-hal diluar dugaan.
  5. Gunakan jasa
    Kadangkala seorang pemilik usaha bukan seorang pakar dalam bidang manajemen dan keuangan. Jadi wajar saja bila kesulitan dalam membuat budget. Karenanya kini banyak tersedia jasa konsultan yang siap membantu Anda membuat budget secara lebih optimal. Menggunakan jasa dalam membuat budget memang akan menambah biaya, tapi bila hasilnya lebih efektif tentu lebih baik bukan?
Tips Dalam Membuat Budget Untuk Usaha Kecil was last modified: October 8th, 2013 by

Gallery of Tips Dalam Membuat Budget Untuk Usaha Kecil