Tips Dalam Menjalankan Usaha Makanan Kecil (1)

Usaha makanan kecil adalah satu dari sekian ide segar yang potensial untuk Anda jajal. Makanan kecil yang memiliki tingkat repeat order yang cukup tinggi memberi Anda peluang besar dalam menghasilkan keuntungan besar.

tips dalam menjalankan usaha makanan kecil (1)

Dalam menjalankan usaha makanan kecil, Anda perlu bersaing ketat dengan pemain lama yang sudah cukup banyak. Meski dari sisi pasar, potensinya masih sangat besar, Anda tetap harus memiliki nilai lebih yang mampu mencuri pasar.

Pada sisi lain usaha makanan kecil tetap memiliki resiko yang tidak ringan. Makanan apapun itu pasti memiliki masa kadaluarsa. Bila Anda tidak waspada, maka justru Anda akan melakukan tindakan berbahaya dengan menjual makanan kadaluarsa. Selain masalah kadaluarsa, makanan kecil juga pada umumnya bersifat rapuh, sehingga Anda perlu sangat memperhatikan masalah pengemasan dan penyimpanan dengan lebih detil untuk mencegah makanan kecil ini rusak.

Karena beberapa kondisi khusus inilah, saya tertarik mengangkat mengenai usaha makanan kecil dan beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam menjalankannya. Berikut ini informasinya.

Tips menjalankan usaha makanan kecil.

  1. Lakukan survey
    Survey untuk menemukan supplier dengan produk terbaik dan harga terbaik. Upayakan Anda bisa menekan biaya tapi tetap bisa mendapatkan kualitas yang baik. Ini supaya Anda bisa memperoleh margin dengan maksimal.
  2. Produk yang berbeda
    Poin ini masih berkaitan dengan poin pertama, yakni survey supplier. Di sini Anda juga perlu fokus untuk menemukan produk yang khas, khusus dan unik. Misalkan Anda mencari camilan telur gabus. Penganan ini sudah sangat populer dan sangat pasaran. Anda akan menemukan padatnya persaingan untuk produk serupa. Hanya saja kini beberapa produsen sudah memproduksi telur gabus rainbow. Produk unik macam ini masih jarang Anda temui dan bisa menjadi salah satu produk andalan Anda dengan persaingan yang lebih ringan.
  3. Hitung dengan baik
    Salah satu kesalahan pedagang yang kerap terjadi adalah kurang tepat dalam menghitung. Anda perlu sangat detil dalam menghitung, meski itu hanya Rp 1 sekalipun. Kadang kala Anda menemukan beberapa poin pembentuk biaya hanya berupa angka yang sangat kecil hingga Anda sepelekan. Tapi sadarkah Anda bila angka kecil ini Anda akumulasi maka angkanya akan signifikan.
  4. Tentukan margin dengan bijak
    Perhitungan juga perlu Anda lakukan dalam menentukan margin. Tidak ada ikatan berapa jumlah margin yang tepat, tapi angka di sini menentukan penjualan. Jadi atur margin dengan realisitis dan bijak.

Demikian tadi tips dari usaha makanan kecil dari saya untuk tahap pertama. Saya akan melanjutkan informasi ini pada tahap kedua.

Tips Dalam Menjalankan Usaha Makanan Kecil (1) was last modified: September 26th, 2013 by

Gallery of Tips Dalam Menjalankan Usaha Makanan Kecil (1)