Tips Jitu Mendapatkan Konsumen Di Facebook

Berdasar data dari dekominfo pada tahun 2012, terdapat 39 juta pengguna facebook di Indonesia. Dari jumlah tersebut, diperkirakan sekitar 60 % adalah pengguna aktif yang mengakses akun facebooknya minimal 1 kali satu hari.

tips jitu mendapatkan konsumen di facebook

Bila pada dunia konvensional, Anda punya kesempatan penjualan yang besar dengan membuka took di tempat keramaian, maka Anda bisa juga beranggapan facebook adalah sebuah pusat keramaian. Rasanya hal ini tidak perlu di jelaskan panjang lebar. Toh saat ini sudah tidak terhitung lagi berapa banyak pelaku OL shop yang mencoba peruntungan bisnisnya di facebook.

Sayangnya tidak semua berhasil meraup untung besar dari bisnis online mereka. Meski sebenarnya ide berjualan online di facebook jauh lebih mudah daripada berjualan dengan web dan blog. Tapi tetap saja ide ini memerlukan kiat dan tips khusus untuk mendapatkan konsumen di facebook.

Lantas bagaimana cara mendapatkan konsumen di facebook?

  1. Lakukan promo dengan akun page bukan dengan akun individu.
    Ada beberapa keistimewaan dari akun page sehingga memudahkan Anda dalam mengelola OL shop Anda.
  2. Kumpulkan Likers sebanyak-banyaknya
    Informasi produk Anda baru bisa dilihat oleh likers page Anda. Jadi bila likers Anda hanya sedikit, maka promosi Anda hanya terbatas.
  3. Posting setiap hari
    Melakukan posting setiap hari akan membuat page OL shop Anda muncul setiap hari di dinding likers Anda. Utamakan posting mengenai produk Anda, tapi bisa juga posting mengenai hal-hal lain yang bisa menarik likers datang ke page Anda. Setidaknya Anda melakukan poting 3 kali dalam 1 hari. Tidak perlu melakukan tag dan promo di timeline orang lain, karena ini akan sangat mengganggu.
  4. Membuat iklan premium
    Cara ini relatif efektif dalam mendatangkan likers. Page Anda akan dipromosikan dengan intensif oleh facebook. Cara ini sangat menarik hanya saja membutuhkan biaya yang bagi OL sho pemula terbilang besar.
  5. Jadi admin aktif
    Pastikan Anda selalu aktif menengok akun page Anda sesering mungkin, minimal 3 kali dalam sehari. Karenanya Anda disarankan pula memposting 3 kali dalam sehari. Anda perlu merespon cepat setiap pertanyaan dan pemesanan yang masuk di timeline Anda. Respon cepat juga sebuah kebutuhan dari konsumen Anda
  6. Gambaran produk yang real
    Membeli dari OL shop seringkali mendatangkan keraguan. Apakah produk sama dengan foto, apakah kualitas terjamin, apakah terlalu mahal. Jadi pastikan Anda menggambarkan dengan cukup jelas realitas dari produk Anda. Sehingga setidaknya tidk ad pergeseran berarti bentuk produk ketika berada di tangan konsumen dengan gambaran Anda.
  7. Harga Masuk akal
    Anda perlu ingat, konsumen Anda masih harus membayar biaya pengiriman. Jadi pastikan harga produk cukup masuk akal dan tidak memberatkan konsumen. Cari tau beragam alternatif jasa pengiriman dengan beragam harga dan layanan.
  8. Layanan memuaskan
    baik toko konvensional maupun toko online, kepuasan konsumen adalah target utama. Konsumen yang puas akan menjadi mesin promosi gratis yang akan mendatangkan konsumen berikutnya ke toko Anda.
Tips Jitu Mendapatkan Konsumen Di Facebook was last modified: September 1st, 2013 by

Gallery of Tips Jitu Mendapatkan Konsumen Di Facebook