Tips Mendidik Anak Hiperaktif

Memiliki anak yang hiperaktif adalah sebuah masalah tersendiri yang dihadapi oleh orang tua, terutama ibu. Karena mereka cenderung susah untuk mendidik anak mereka karena perilaku yang yang hiperaktif tersebut. Tapi, tahukah anda? Bahwa sebenarnya mendidik anak yang hiperaktif itu justru malah lebih mudah apabila dibandingkan dengan mendidik anak yang cenderung pendiam. Kenapa? Karena anda akan lebih mudah untuk mengathui keinginan dari anak anda yang hiperaktif daripada anak anda yang pendiam.

Tips Mendidik Anak Hiperaktif

Hanya saja ketika anda tidak tahu bagaimana cara mendidik anak yang hiperaktif, tentunya anda akan sedikit mengalami masalah dalam mendidik buah hati anda tersebut. Beberapa tips yang bisa anda lakuakn adalah sebagai berikut.

Berilah kegiatan tambahan bagi anak anda. Dengan begitu ia bisa menyalurkan hiperaktifnya tersebut pada kegiatan tambahan yang sudah anda berikan kepadanya. Biasanya kegiatan atau tempat yang cocok bagi anak yang hiperaktif adalah tempat karate, bola, atau renang. Namun anda juga bisa memberikan kegiatan tambahan sesuai dengan keseangan dia, agar dia bisa lebih aktif di sana dan itu akan membuatnya menjadi lebih berprestasi di kemudian hari. Selain itu, hal ini juga bisa menghindarkannya dari melampiaskan kegiatan hiperaktifnya kepada kegiatan-kegiatan yang negatif

Jangn lupa juga untuk mengajarkan kepada anak anda untuk belajar diam. Jadi walaupun anak anda adalah anak yang hiperaktif, tetap ajarkanlah kepadanya untuk diam, misalnya ketika sedang makan atau ketika sedang mengerjakan hal-hal yang membutuhkan konsentrasi lebih. Dengan begitu, ia akan mulai belajar sedikit demi sedikit tentang sopan santun dan ia akan belajar waktu dimana ia tidak boleh bersikap hiperaktif dan harus bersikap normal.

Jangan ragu membuat anak anda merasa gembira ketika mereka sedang menginginkannya. Pastikan berikan beberapa fasilitas yang bisa menyenagkannya. Misalnya memeberikan ia mainan yang bermanfaat untuk proses perkemabangannya. Atau juga bisa memberinya akses internet agar ia bisa belajar dari mana saja, tentunya tetap dengan pengawasan dari anda.

Kemudian yang terakhir adalah, berhati-hatilah ketika memilihkan sebuah sekolahan untuk anak anda. Jangan sampai anda memasukkan ke sekolah yang di dalmnya terdapat pergaulan yang buruk sehingga akan mempengaruhinya berbuat buruk. Atau sekolah yang akan mengekang potensinya yang sebenarnya bisa ia kembangkan. Jadi pilihlah sekolah yang mendukung untuk itu. Pilihlah sekolah yang akan membuatnya pintar akademis dan juga pintar moral.

Tips Mendidik Anak Hiperaktif was last modified: December 28th, 2016 by

Gallery of Tips Mendidik Anak Hiperaktif